Menpan: 60 Persen PNS Hanya Jago Administrasi


By | 18.49 Leave a Comment
Menpan
asncpns.com - Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan bahwa dari jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 4.455.303 yang tersebar di seluruh indonesia, 60 persen PNS dari jumlah tersebut hanya memiliki keahlian administrasi.

Indonesia tidak memiliki PNS yang memiliki keahlian khusus, padahal keahlian khusus sangat penting dan dibutuhkan sebagai penggerak roda pemerintahan. "60 persen PNS kita itu keahliannya cuma bidang administratif. Tidak ada keahlian khusus," ungkap Menteri Asman dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Taspen yang diselenggarakan di Surabaya, padah hari Kamis (25/8).

Menteri Asman mengaku bahwa pihaknya akan menggelar program pelatihan vokasional untuk para PNS. Dengan diselenggarakannya pelatihan vokasional tersebut, diharapkan kedepannya keahlian para PNS bisa bertambah dan menjadi Profesional serta menjadi ahli dalam salah satu bidang. "Pelatihan itu misalnya akan difokuskan untuk keahlian di bidang statistik, perhubungan, dan lingkungan," tambah Asman.

Diakuinya, jika Indonesia mempunyai banyak PNS profesional itu sangat memudahkan dalam menggerakan roda pemerintah. "Kalau stok PNS profesional banyak kan enak. Kalau ada daerah yang kurang tenaga profesional, bisa dikirim," ujarnya.

Sebelumnya, saat‎ menerima kunjungan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri Zudan Arif Fakrulloh di ruang kerjanya, Kamis (4/8), Menteri asman meminta meminta kepada jajaran Korpri untuk mendukung program-program yang akan diterapkan sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

"Korpri sebagai mesin birokrasi pemerintahan, jangan pernah berhenti bergerak dan siap berubah menjadi pelayan masyarakat. Sesuai arahan presiden, pelayanan publik oleh seluruh instansi pemerintah harus lebih ditingkatkan," ujarnya

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: