TOEFL/IELTS Jadi Salah Satu Syarat Lamar CPNS Kementerian PU dan Perumahan Rakyat


By | 20.25 Leave a Comment
Persyaratan CPNS di Kementerian PU bisa dikatakan lebih banyak, karena setiap calon pelamar haruslah menyertakan persyaratan tambahan agar bisa mengikuti seleksi tes di kementerian yang menjadi salah satu kementerian favorit tujuan para pelamar cpns, selain kementerian keuangan dan kementerian luar negeri.

TOEFL/ IELTS menjadi salah satu syarat mutlak agar calon pelamar bisa mengikuti tes dan melangkah ke tahapan selanjutnya di kementerian ini. Andai calon pelamar tidak memiliki score TOEFL/IELTS yang dipersyaratkan, jangan harap kamu bisa bekerja di kementrian yang saat ini dipimpin oleh Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat yang berpusat di New Jersey, USA. Test ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963. Sedangkan IELTS atau kepanjangan dari International English Language Testing System adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge.

TOEFL maupun IELTS sama sama merupakan tes bahasa inggris, hanya saja jika IELTS berorientasi kepada British English, sedangkan TOEFL kepada American English.

Syarat Score TOEFL/IELTS Kementerian PUPR

Untuk bisa melamar di Kementrian PU tidak saja dibuktikan dengan selembar sertifikat TOEFL/IELTS tapi score yang didapatkan juga haruslah memenuhi syarat. berikut adalah syarat minimal score TOEFL/IELTS di Kementrian PU.

  • TOEFL/TOEFL Prediction: 450
  • TOEFL IBT: 53
  • IELTS: 5
Score yang ditetapkan Kementerian PU tidak berubah semenjak 2010.

TOEFL CPNS PU



    Perbedaan TOEFL prediction dan TOEFL IBT

    Perbedaan dari keduanya adalah pada pelaksanaan tes TOEFL itu sendiri dan soal soal tes yang diberikan. Ujian dan sertifikat TOEFL Prediction bisa didapatkan dari LAN atau Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan TOEFL IBT adalah Internet Based TOEFL dimana ujian tesnya berbasis komputer, dan tes dilakukan secara online - sertifikat TOEFL yang diterbitkan adalah berasal dari Indonesian International Education Foundation.




    Contos Sertifikat IELTS

    Contoh sertifikat IELTS



    Contoh Sertifikat Toefl
    Contoh Sertifikat TOEFL Prediction




    Sample Sertifikat TOEFL IBT
    Contoh Sertifikat TOEFL IBT



    Tahapan Seleksi CPNS Kementerian PU

    Tahapan seleksi CPNS di Kementerian PU terdiri dari 3 tahapan, yaitu: Seleksi Administrasi, Seleksi TKD dan Seleksi TKB

    baca juga: Alokasi Kebutuhan Formasi kementerian PUPR

    Persyaratan sertifikat TOEFL/IELTS adalah termasuk dalam rangkaian seleksi Administrasi. disaat calon pelamar dinyatakan lulus screening administrasi, maka tes akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu seleksi TKD dan TKB.

    Perhitungan passing grade kelulusan TKD bisa dilihat dalam artikel Tes CAT, 1 Soal Bernilai < 54 Detik

    Nilai kelulusan akhir ditentukan oleh nilai gabungan antara TKD dan TKB dengan rumus perhitungan, sebagai berikut:
    Nilai Gabungan= 60% Nilai TKD + 40% Nilai TKB

    Rangkaian Tes CPNS Kementerian PU

    Sebagai bahan pembelajaran terbaik tes CPNS di Kementerian PU, sangat direkomendasikan para calon pelamar mempelajari Paket LKIT 2016 dan Paket LKIT TKB PU

    Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

    0 komentar: