Standar Penerimaan CPNS Tahun Depan Akan Semakin Ketat


By | 00.53 Leave a Comment
Walaupun tahun ini pemerintah masih melakukan moratorium penerimaan cpns, akan tetapi dibalik itu pemerintah tengah mempersiapkan suatu standar penerimaan cpns yang lebih efektif. Hal ini dimaksudkan untuk semakin memperkuat SDM di lingkungan pemerintahan dengan SDM yang benar benar mumpuni. Selain itu, Menteri Menpan RB benar benar memasang standar yang jelas untuk penerimaan cpns tahun depan, hal ini akan dimulai dari pengusulan formasinya dari tiap tiap SKPD.

"CPNS tahun ini masih moratorium. Nanti ke depan kita menerima betul-betul yang dibutuhkan. Jadi formasinya betul-betul misalnya guru, guru apa. Apakah guru matematika. Apakah guru fisika. Jangan guru saja judulnya, yang ada nanti beberapa sekolah isinya guru sejarah semua. Guru bahasa semua, itu enggak boleh lagi terjadi," kata Asman di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (20/11/2016).

Menteri Asman menekankan bahwa peran aktif Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangatlah diperlukan sehingga perbaikan demi perbaikan akan bisa terlaksana sesuai harapan. Salah satunya adalah semenjak pengajuan formasi, janganlah dikira kira akan tetapi harus sesuai dengan data real yang ada di lapangan.

"Jadi betul-betul nanti setiap SKPD sudah punya data real tentang pegawainya, kemampuannya termasuk guru-guru dan dokternya. Maupun bidan. Dengan begitu nanti kita akan tahu kebutuhannya bener-bener yang mana," ungkap Asman.



Selain itu, Asman juga tengah mempersiapkan satu kebijakan baru terkait peningkatan kinerja aparatur sipil negara. Salah satu kebijakan yang saat ini akan segera diterapkan adalah kebijakan redistribusi PNS, sehingga kuota kekosongan ASN di suatu daerah yang memerlukan pegawai bisa segera terpenuhi.

"Ke depan ada kebijakan redistribusi, jadi kalau ada (SDM) yang lebih di satu daerah mau tidak mau kita tarik ke daerah lain," ujar Asman.

Redistribusi PNS juga dianggap sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan pegawai di suatu instansi, sehingga diharapkan setelah dipindah ke tempat baru, PNS tersebut bisa mendapatkan suasana baru dan semangat kerja baru sehingga persaingan ke arah yang lebih baik akan semakin terlihat.

"Ini juga salah satu program saya nanti akan menyebarkan yang tadinya jenuh di satu tempat, dan daerah lain yang kosong nanti akan terisi," sambungnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: