Tanggapan Kementerian PAN RB tentang Paket LKIT

Video of the Day

banner iklan

Minggu, 31 Desember 2017

Instruksi Jokowi: Penerimaan CPNS 2018 Tidak boleh Melebihi Jumlah ASN Pensiun


Rekrutmen CPNS 2018 Jokowi

Seleksi rekrutmen CPNS 2018 kembali akan digelar pada tahun 2018. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan jumlah CPNS yang akan diterima nantinya adalah sebanyak 50 persen atau separuh dari jumlah aparatur sipil negara yang pensiun di seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi menginstruksikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tidak boleh melebihi dari jumlah pegawai ASN yang pensiun di tahun yang bersangkutan.

"Presiden menetapkan tidak boleh lebih dari jumlah yang pensiun," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur di Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Asman mengatakan pada 2018 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pensiun berjumlah sekitar 220 ribu orang. Dia berujar minimal dari jumlah tersebut formasi CPNS 2018 direncanakan sekitar 110 ribu orang. "Sesuai dengan kesepakatan minimum 50 persennya berarti 110 ribu, tergantung nanti kemampuan keuangan," katanya.

Sehari sebelumnya Asman menyatakan bahwa penerimaan 2018 akan menggunakan metode gross minus.
"Insyaallah kita buka pakai metode minus gross. Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah," kata Asman di Balai Kota Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Asman menjelaskan setelah ditentukan formasinya, Kemenpan RB akan menyeleksi kemampuan daerah atas formasi tersebut. Khususnya, kata dia, untuk belanja pegawai. "Belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen, kalau belanja lebih dari itu tidak akan kami berikan," tuturnya.

Lainnya: Jokowi perintahkan Kemenpan RB rancang sistem penerimaan ASN

Asman berujar penerimaan CPNS 2018 juga akan diprioritaskan untuk pegawai yang sifatnya menunjang pembangunan daerah. Misalnya saja, kata dia, terkait pembangunan infrastruktur. "Jadi ada sarjana teknik, dan sarjana arsitektur yang diprioritaskan," katanya.

Selain itu, Asman menuturkan formasi CPNS 2018 akan ditentukan berdasarkan konsentrasi masing-masing daerah. Seperti, daerah yang memiliki potensi di bidang pertanian maka akan membutuhkan tenaga bidang tersebut. "Misalnya juga daerah konsentrasi pertambangan jangan sampai tidak punya pegawai yang ahli di bidang pertambangan," ucapnya

Saat disinggung mengenai kapan pengumuman formasi sudah bisa diketahui, Asman Abnur mengatakan nantinya formasi akan mulai diumumkan awal pada di awal tahun depan.

"Insya Allah Januari sudah mulai kami umumkan," ujar Asman di Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Sebagai bahan pembelajaran terbaik, segera pelajari Paket LKIT 2018 yang akan di launching pada minggu pertama bulan Januari 2018.
Ingat..!! Penjualan Paket LKIT berbatas waktu - setelah masa penjualan habis, maka kamu sudah tidak bisa mendapatkan bahan terbaik ini !!


Aparatur Sipil Negara

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)