Usulan Formasi CPNS Diusulkan Melalui eFormasi


By | 11.01 Leave a Comment
Penyampaian Kebutuhan CPNS 2018
Eformasi merupakan salah satu sistem elektronik percepatan birokrasi dalam penyusunan kebutuhan pengajuan ASN. Melalui sistem ini kebutuhan calon pengawai negeri sipil secara riil bisa dengan mudah dipetakan, sehingga kebutuhan quota CPNS tiap daerah maupun Kementerian bisa segera diakomodir dalam quota penerimaan yang disediakan.

Dengan e-formasi ini gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan/kelebihan pegawai di instansi pemerintah baik lingkungan Kementerian, Lembaga Negara, pemerintah pusat maupun daerah bisa dengan mudah diketahui.

Setelah masing masing pemerintah daerah maupun kementerian memberikan usulan barulah si pemegang kebijakan, dalam hal ini Kementerian PAN RB melakukan pembahasan menyeluruh mengenai persetujuan dan jumlah alokasi yang diberikan kepada masing masing instansi. Pembahasan ini dilakukan dengan BKN dan juga kementerian Keuangan sebagai pemberi anggaran.

Khusus dalam rencana seleksi penerimaan cpns 2018, KemenPAN RB sendiri memberikan tenggat waktu sampai akhir bulan Januari kepada seluruh instansi untuk segera melakukan validasi data dan usulan melalui sistem eformasi.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengajuan formasi lingkungan pemerintah daerah diantaranya adalah Rasio Belanja Pegawai, Jumlah PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun, Alokasi formasi CPNS tahun sebelumnya yang tidak terlaksana, Jumlah PNS yang ada pada saat ini dan Perbandingan jumlah Pegawai dengan jumlah penduduk.

berita terkait:
  1. Mengenal Sistem eFormasi
  2. Cara Penyusunan dan Input eFormasi


Sedangkan beberapa Faktor yang bisa dijadikan pertimbangan tambahan formasi untuk pemerintah pusat, selain point yang telah disebutkan diatas juga ditambah dengan pertimbangan jumlah lulusan ikatan dinas pada tahun tersebut.

Unduh dokumen:
Surat Menteri PAN RB ttg Penyampaian Kebutuhan PNS Tahun 2018

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: