Video of the Day

Senin, 03 September 2018

Tes CPNS 2017 Sisakan 1% CPNS Lulus dari 2.4 juta Pelamar, Bagaimana 2018??

Pengumuman Tes CAT CPNS 2018 Juli
Sulitkah Tes CAT CPNS BKN?

Sebanyak 2.433.656 orang pada tahun 2017 tercatat melakukan pendaftaran seleksi CPNS. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 33.155 orang saja yang dinyatakan lolos seleksi, atau menyisakan sekitar 1 persen saja yang bisa lulus PNS berdasarkan passing grade. Pertanyaannya sekarang, apakah memang sulit soal soal CPNS CAT BKN tersebut?

Soal CAT CPNS BKN dibagi menjadi 3 golongan kategori soal, yaitu soal golongan kategori TWK sebanyak 35 Soal, kategori TIU sebanyak 30 Soal, dan TKP sebanyak 35 soal. Jumlah soal keseluruhan sebanyak 100 soal. Dari 100 soal tersebut harus selesai dikerjakan dalam jangka waktu 90 menit, atau dengan kata lain tiap satu soal bernilai kurang dari 54 detik.

Untuk cara penilaian perhitungan soal TWK, TIU dan TKP berbeda satu sama lain. Bobot nilai adalah mulai dari nilai 0 sampai dengan nilai 5 untuk tiap satu soal. Nilai sempurna dari total semua soal adalah 520. Bobot dari salah dan benarnya sendiri bisa dibaca secara jelas dalam cara perhitungan detail passing grade CPNS 2018

Pengumuman CPNS s/d Pelaksanaan Seleksi CAT

Pengumuman penerimaan dan pembukaan CPNS sendiri waktunya terus molor, mulai dari rencana pengumuman setelah pilkada, lalu mundur ke Agustus dan akhirnya sampai terjadi pergantian Menteri PAN RB pengumuman masih belum juga diumumkan.

Jika dilihat dari waktu yang telah berjalan, kemungkinan pengumuman akan diumumkan sekitar bulan september ini - disamping pelaksanaan Asian Games telah usai - dimana menteri PAN RB Syafruddin menjabat sebagai CdM Asian Games, Menteri PAN RB juga memastikan jika pelaksanaan CPNS 2018 tetap akan dilaksanakan.

Berdasarkan PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai negeri Sipil, tersedia waktu antara 20 hari sampai dengan satu bulan untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik di seluruh Indonesia mendaftarkan diri secara online di sscn.bkn.go.id setelah pengumuman resmi diumumkan. Setelah itu barulah seleksi tes berbasis CAT dimulai. Dari penjelasan detail diatas sekarang dapat diprediksi kapan pelaksaan tes CPNS dilaksanakan.

Seleksi Tes sendiri dimulai dari screening administrasi (proses kelengkapan berkas dan administrasi dokumen pada saat pendaftaran secara online), Seleksi SKD CAT dan SKB

"Ketika sudah selesai semua administrasi dokumen online itu, tiba masanya kemudian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan CAT BKN. Kalau di luar itu, untuk Seleksi Kompetensi Bidang biasanya K/L sendiri yang menyelenggarakan, walaupun ada beberapa yang menggunakan CAT BKN," Ungkap Muhammad Ridwan selaku Karo Humas BKN seperti asncpns kutip dari detik.
Paket LKIT Lulus CPNS


Paket LKIT menjadi bahan pembelajaran terbaik yang sangat direkomendasikan untuk dipelajari oleh tiap calon pelamar CPNS. Selain memiliki keakuratan materi yang sangat baik, Paket LKIT juga terbukti diakui sebagai bahan pembelajaran berbobot dalam rangka menghadapi seleksi CPNS oleh Kemenpan RB, detailnya bisa dilihat di https://www.paketlkit.com/p/special.html

Setelah Lolos CPNS

Setelah lolos seleksi menjadi CPNS, ternyata tak lantas bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Herman Suryatman mengatakan, setelah lolos menjadi CPNS, tak lantas langsung menjadi PNS. Jabatan CPNS tersebut bakal melekat selama sekitar satu tahun sebelum benar-benar diangkat menjadi PNS.

"Jadi selama kurang lebih selama satu tahun itu masa dia menjadi CPNS, kan ada masa orientasi, pra jabatan, dan lainnya. Kurang lebih, ya kira-kira satu tahun," kata Herman.

Lulus CPNS 2017 Paket LKIT


Lebih lanjut Herman menegaskan, selama masa tersebut CPNS harus menunjukkan sikap, kinerja, serta disiplin yang baik. Bila melanggar ketentuan, maka CPNS tersebut tak akan diangkat menjadi PNS.

"Kalau selama jadi CPNS dia tidak disiplin, ya dia melanggar peraturan, ya dia tidak diangkat jadi PNS," katanya.

Herman menjelaskan, contoh disiplin yang dimaksud tersebut tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Nantinya, ada bentuk-bentuk pelanggaran disiplin mulai dari pelanggaran disiplin ringan, sedang, maupun berat.

Dia melanjutkan, bila CPNS tersebut melanggar disiplin berat maka sanksi yang bisa terima adalah diberhentikan dan gagal menjadi PNS.

"Misalnya tidak masuk kerja selama 40 hari. Yang jelas dia tidak masuk kerja sesuai ketentuan, ya dia bisa dikenakan hukuman disiplin berat, dan bisa gagal jadi PNS. Maka itu, selama jadi CPNS dia harus menjaga sikap, menjaga kinerja, menjaga disiplin," tuturnya.

Dalam masa orientasi tersebut, Herman mengatakan CPNS akan mendapatkan penilaian kinerja maupun penilaian disiplin. Setelah semua itu dijalani, baru CPNS tersebut diangkat menjadi PNS.

"Nanti dilihat seperti apa kinerjanya itu, kalau baik, menunjukan kinerja yang baik, baru diangkat jadi PNS," kata Herman.

Tak hanya itu, selama berstatus CPNS, maka gaji yang diterima baru sebesar 80% dari penghasilan. Setelah menjadi PNS, barulah 100% gaji dan penghasilan bakal diterima.

"Untuk gaji, penghasilannya baru dapat 80%, jadi masih belum full menerima," kata Herman.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



2 komentar:

  1. Saya mantan PNS sebelum ASN, saya menjadi PNS kurang lebih mengabdi 34 tahun , ngakat terakhir sampai pengabdian IV C, Jabatan terakhir Auditor Ahli Madya, pensiun tahun 2006, Kehidupan saya sampai sekarang hanya cukup, kaya tidak miskiin tidak tapi memang ikhlas hanyamengabdi kepadaNegara , wahai para calon ASN , kalau mau kaya dan hidup mewajh saran saya jangan jadi ASN, tapi kalau mau pengabdian yang tulus dan ikhlas jadilah ASN. Dan sabar paara pelamar harus sadar , kenapa hanya1 %, kaena yang dibutuhkan atau formasinya hanya 1 persen , Saran saya Mari berlomba untuk menciptakan lapangan kerja baru , atau berwirausaha uuntuk kemakmuran bersama Amin, Tamid, SH. M.Si Brebes Jateng


    BalasHapus
  2. Sy setuju dgn pendapat bapak. Tetapi untuk kami kaum hawa menjadi pns mungkin membantu untuk mensejahterakan bagi yg sudah berkeluarga. Kemudian masyarakat masih banyak menganggap seorang PNS itu memiliki derajat lebih tinggi.

    BalasHapus

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)