Video of the Day

Selasa, 07 Agustus 2018

Infrastruktur CPNS Terbaru BKN...Insha Allah CPNS Diumumkan Agustus

Peta Pelaksanaan tes CAT BKN 2018
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur tetap berusaha untuk mengumumkan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 pada bulan Agustus ini.

Dia meminta kepada seluruh pihak untuk lebih bersabar lantaran pihaknya masih menyelesaikan detail formasi yang akan dibuka.

"Sabar-sabar, kan tinggal detailnya," kata Asman di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).
Asman menjelaskan, detail formasi yang dimaksud adalah mengenai sektor lowongan yang dibuka dan penempatannya.

"Misalnya guru, tenaga kesehatan penempatannya di mana, sampai sedetail itu," jelas dia.

Sampai saat ini, pihak Kementerian PAN-RB pun masih memfinalkan dengan Kementerian Keuangan terkait dengan formasi lowongan CPNS 2018. Namun, dirinya tetap optimistis bisa mengumumkan di Agustus 2018.

"Insya Allah jadi (Agustus), itu koordinasi saya dengan Menteri Keuangan, ini lagi difinalin," tutup dia.

Diketahui, Dalam pembukaan CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga masih menyiapkan urusan teknis seleksi yang akan dilakukan, termasuk soal lokasi tes CPNS. Nantinya, BKN akan menggelar tes di 134 titik lokasi.

"BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta, Senin (6/8/2018)

Sebagai bahan pembelajaran terbaik silakan segera miliki dan pelajari Paket LKIT 2018. Berikut adalah tanggapan Kemneterian PAN RB tentang Paket LKIT http://www.paketlkit.com/p/special.html

Berikut adalah hal hal yang perlu kamu ketahui tentang Infrastruktur CPNS Terbaru BKN

Portal SSCN menjadi user friendly

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang objektif dan akuntabel.

Menurut dia, portal SSCN akan lebih user friendly, dengan adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasi kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan.

Informasi real time

Ridwan mengatakan, calon pendaftar juga akan mendapatkan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu. Dengan cara ini, calon pelamar diharapkan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2018 resmi dibuka.

Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) BKN telah merancang 134 titik lokasi SKD dengan CAT BKN. Namun, jumlah ini bisa berubah tergantung kebutuhan.

Peta Pelaksanaan tes CAT BKN 2018

SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya melalui CAT BKN

Mulai tahun ini, seluruh pelaksanaan SKD dan SKB hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis CAT BKN yang akan diselenggarakan BKN selaku Panselnas. Perubahan mekanisme seluruh proses seleksi CPNS ini dipastikan sesuai ekspektasi publik.

Sebagai bahan pembelajaran terbaik, pelajari Paket LKIT 2018

Alur pendaftaran lebih singkat

Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan melalui portal nasional di laman http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Sebelumnya, pada rekrutmen CPNS periode pertama tahun lalu yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi. Oleh karena itu, alur pendaftaran CPNS mendatang akan lebih singkat dengan adanya perubahan mekanisme ini. Dengan demikian, pelamar akan lebih mudah karena pendaftaran satu pintu.


asncpns

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)