Satu Tahapan CPNS


By | 19.50 Leave a Comment
Calon Pegawai Negeri Sipil honorer kategori dua masih harus menahan katergori kelulusannya. Meskipun 633 honorer Pemrintah kota Makassar sudah dinyatakan lolos tes tertulis, namun masih ada satu tahapan lagi yang harus dilewati menjadi (CPNS). Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Makasar, mengatakan honorer yang lolos seleksi tertulis akan dimintai kelengkapan untuk pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Kelengkapan pemberkasan tersebut meliputi ijazah hingga semua Surat Keputusan kontraknya. Berkas administrasinya sama saat pengusulan berkas sebelumnya yang diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara. mereka akan mengikuti tahapan seleksi satu kali lagi yakni seleksi dari Menpan. BKD Makassar masih menunggu surat resmi dari Badan Kepegawain Negara kita belum tahu pasti apa tahapan selanjutnya. Administrasi sudah, tes tertulis juga sudah, tinggal satu lagi yang belum dilaksanakan yakni tes wawancara untuk CPNS.

Satu Tahapan CPNS

Bagi honorer yang tidak lolos, tidak perlu berkecil hati, masih ada kesempatan terangkat jadi tenaga kontrak melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, tidak semua honorer yang tidak lolos seleksi sebanyak 1.050 orang bisa terakomodasi melalui PPPK. Calon Pegawai Negeri Sipil harus mengikuti seleksi lagi karena Nomor induk pegawainya secara menyeluruh, statusnya pegawai kontrak pusat. Mereka tetap berhak mendapatkan gaji tetap berkisar jutaan rupiah plus tunjangan, cuti, dan memiliki pengembangan kompetensi. Mereka yang lolos ini adalah kesempatan besar untukl menutupi kekurangan Sumber Daya Manusia. Jadi jangan kecewa, mereka masih tetap diberdayakan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah menjelaskan Pemereintah kota akan menggelar tes kompetensi kepada 4.000-an orang tenaga honorer yang tidak lolos maupun kontraknya. Terkait sumber pembayaran gaji honorer yang lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Kota Makassar mengatakan bahwa pemkot sudah menyiapkan anggarannya yang sesuai dengan Anggaran Pemerintahn Tahun 2014. Pemkot siap membayarkan jika Suarat Keputusan CPNS sudah terbit. Gajinya sesuai masa kerja, jenis pendidikan, status rumah tangga, hingga jumlah anak. Jika masih kurang, akan ditambah pada perubahan APBD.

Selain itu, seleksi CPNS 2014 akan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Menyusul dengan adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh instansi baik pusat maupun daerah untuk menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam pengadaan CPNS tahun ini. Tahun ini sistim pengadaan CPNS di seluruh Indonesia menggunakan CAT. Kalau tahun lalu, masih diberikan pilihan karena intrastruktur Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum lengkap, tahun 2014 tidak ada pilihan lain kecuali CAT,” tegas Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)”.

Pilihan KemenPAN-RB ke Computer Assisted Test,karena anggarannya lebih sedikit. Tidak seperti sistim lembar jawaban komputer (LJK) yang menelan anggaran puluhan miliaran rupiah. “CAT tidak membutuhkan anggaran besar personil yang diturunkan untuk pengawasan pun tidak sebanyak LJK.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: