Peminat CPNS Dipenuhi Lulusan Lama


By | 04.27 Leave a Comment
Hampir semua para pencari kerja di Indonesia sangat mengidam-idamkan untuk menjadi seorang aparatur negara, apalagi dengan diresmikannya UU ASN yang dinilai berpihak kepada golongan Pegawai Negeri Sipil. Keinginan itu tentunya harus diikuti dengan kemampuan yang berbanding lurus, karena menjadi seorang abdi negara di negeri ini bukanlah hal yang mudah didapatkan.

Pemerintah yang rencananya akan membuka kran penerimaan CPNS tahun 2014 mulai bulan Juni mendatang pada gelaran acara Job Fair CPNS dan Pengumuman Daftar Online CPNS akan memancing banyak minat pemuda pemudi Indonesia untuk bersaing memperebutkan kursi CPNS.

Pendaftaran CPNS sesuai dengan pengumuman pemerintah sebelumnya adalah sebanyak 60.000 untuk kalangan PNS Umum dan sebanyak 40.000 adalah untuk kalangan PPPK. Jumlah ini adalah merupakan jumlah yang masih sangat sedikit dibanding dengan total dari masing masing total qouta yang diajukan masing masing daerah.

Pendaftaran CPNS 2014

Khusus untuk pendaftar CPNS dari kalangan umum, tahun ini bagi anda yang memiliki usia kurang dari 35 tahun masih bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS, itu berarti jika anda kelahiran di kisaran Tahun 1979 dan 1980 masih bisa melakukan pendaftaran untuk penerimaan abdi negara ini. Dan khusus untuk kalangan PPPK anda pelamar lebih dari 35 tahun, diperbolehkan selama mereka memiliki skills dan kompetensi yang dibutuhkan.


Jika menurut kalkulasi, Peminat CPNS tahun 2014 ini masih akan dipenuhi oleh para pendaftar CPNS yang tahun kemarin tidak lulus seleksi dan tahun ini ingin mencoba peruntungannya kembali. Untuk lulusan baru tahun ini diprediksi hanya sekitar 15% saja dari total jumlah pelamar yang akan mengikuti seleksi, hal ini didasarkan pada banyaknya lulusan lama yang jumlahnya lebih banyak dan masih berharap untuk menjadi seorang PNS.

Peruntungan untuk menjadi seorang abdi negara dirasakan sangat penting untuk sebagian kalangan yang mencoba kembali tuk mengikuti seleksi tahun ini, bagaimana tidak - sebagian diantara mereka mengatakan bahwa menjadi seorang PNS adalah lebih enak daripada seorang karyawan yang bekerja di sektor swasta apalagi dengan berlakunya UU ASN ini yang akan memanjakan pensiun dan tunjangan hari tua dari seorang Aparatur Sipil Negara.

Ada juga diantara mereka yang berdalih bahwa menjadi seorang PNS adalah lebih bisa memberikan kontribusi kepada negara yang dicintainya, karena itu adalah salah satu jalan untuk bisa berbakti kepada negara.

Berita Lainnya: Tahapan dan Seleksi CPNS 2014

Peminat CPNS lama yang disinyalir tidak mengikuti CPNS lagi tahun ini adalah golongan mereka yang sudah tidak bisa mengikuti karena terkendala faktor usia dan faktor kenyamanan bekerja saat ini.

Selain itu untuk tahun ini, pemerintah mengisyaratkan bagi yang akan mendaftar CPNS adalah anda lulusan dari Universitas yang memiliki akreditasi minimal B, jika kampus anda belum terakreditasi dan atau memiliki akreditasi yang lebih rendah dari akreditasi yang telah ditentukan - maka harapan anda untuk menjadi seorang abdi negara mungkin saja akan terkubur.

Sebagai persyaratan lainnya, untuk bisa mendaftar CPNS maka setiap calon pendaftar harus sudah mempersiapkan Surat SKCK Kepolisian dan Kartu pencari kerja. Sebagian Kementerian mengisyaratkan dengan ditambahkannya nila TOEFL yang dibuktikan dengan ijazah TOEFL tersebut.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: