Pendaftaran PPPK Digelar Bulan Juli 2014 Mendatang


By | 00.26 Leave a Comment
Menjadi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) merupakan suatu hal yang di idam-idamkan oleh jutaan masyarakat Indonesia, bahkan bisa kita bandingkan dari jumlah pelamar dengan jumlah formasi yang akan dibuka sangat jauh sekali. Bagi kandidat yang ingin menjadi abdi negara, jangan sampai menyianyiakan kesempatan menjadi CPNS 2014 ini yang rencananya akan segera dibuka lebih cepat yakni pada bulan Juli 2014 mendatang.


Pemerintah pusat telah berencana akan membuka kouta sebanyak 100.000 lowongan untuk calon Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah lainya yang sesuai dengan perjanjain kerja (PPPK). Kesempatan menjadi abdi negara ini berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia mulai dari daerah Sabang sampai Merauke. Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar sebagai CPNS di tahun 2014 ini. Pihak pemerintahan akan menggelar konversi pers pada tanggaal 16-17 Juni mendatang yang bertempat di Hotel Sahid Ibu Kota Jakarta. Acara tersebut akan digabungkan dengan pameran inovasi pelayanan publik dari seluruh daerah Indonesia.

Wakil Kemenpan-RB Eko Prasojo mengungkapkan akan mengumumkan formasi apa saja yang akan dibuka untuk peserta, formasi tersebut merupakan formasi yang kurang pegaawainya di lingkungan kementerian, lembaga ataupun pemerintah derah. Dengan demikian posisi tersebut merupakan posisi yang kurang pegawainya. Pada tahun ini dari 100.000 formasi yang dibuka terdiri dari 60.000 orang untuk dijadikan PNS serta 40.000 orang untuk ditempatkan di masing-masing Instansi pemerintahan yang membutuhkan dengan status PPPK. Eko menegeskan kembali status PPPK bukan honorer atau pegawai tidak tetap. Melainkan akan dikontrak minimal satu tahun lamanya dan bisa diperpanjang jika kinerja yang telah ditugaskan di jalankan dengan sangat baik.


Proses seleksi CPNS 2014 akan menggunakan sistem yang dilakukan pada sebelumnya, yakni degan cara menggunakan media online. Nantinya para pelamar akan memasukan dan melengkapi datanya melalui sistem online. Selain itu proses perekrutan akan menggunakan cara CAT (Computer Assisted Test). Dengan cara demikian akan mudah diketahui jika suatu saat ada hal yang tidak rasional dari sejumlah soal pegawai yang dibutuhkan untuk proses seleksi.

Sistem yang lebih ketat juga akan diterapkan pada masing-masing Kementerian maupun Lembaga serta pada setiap pemerintahan daerah tidak akan diberi formasi tes. Test CPNS tersebut direncanakan segera dimulai pada pertengahan bulan Juni mendatang hingga bulan Oktober. Tes tersebut tidak akan dilaksanakan pada setiap hari, akan tetapi akan dilakukan secara bertahap supaya menciptakan hal yang lebih obyektif dan menjauhi dari kecurangan tangan-tangan jahil. Setelah itu, untuk masing-masing daerah yang belum memiliki sistem CAT, tes bisa dilakukan di dua belas kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan 2.400 titik lokasi dari bagia kantor Kemendikbud yang telah melakukan uji profesi bagi kalangan guru atau tenaga pendidik.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: