Rekrutmen CPNS Menggunakan CAT


By | 08.12 1 comment
Rekrutmen CPNS tahun 2014 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan ini merupakan kewajiban seluruh instansi. Pemerintah daerah yang tidak menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dalam rekrutmen CPNS akan mendapatkan peringatan dari pemerintah pusat. Karena bagi yang tetap ngotot menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK), maka daerah tersebut tidak akan diberi formasi CPNS.

rekrutmen cpns menggunakan cat

Bagi instansi yang akan mengadakan rekrutmen CPNS, sudah bisa mengajukan usulannya lewat system elektronik formasi yang tersedia di website KemenPAN-RB, juga nanti formasinya akan diumumkan di website. Jadi bagi yang berada di daerah dan di luar daerah, tidak usah datang ke Jakarta lagi sambil membawa usulan formasi. Cukup saja memakai e-formasi saja untuk menghemat waktu dan biaya.

Jadi dengan begitu kita tidak usah repot-repot datang ke Jakarta karena semua fasilita sudah tersedia, mau melihat berbagai macam formasi tinggal melihat di website. Karena sekarang zamannya sudah serba modern dan canggih, semua perlengkapan jarang yang menggunakan tradisional. Untuk recrutmen CPNS saja menggunakan sistim CAT (computer assisted test).

Karena menggunakan system CAT ini banyak sekali keuntungannya. Salah satu diantaranya adalah lebih efektif, lebih murah, kebocoran data dapat dikurangi dan juga kita bisa melihat langsung hasil tesnya. Makanya sekarang ini pemerintah menyuruh seluruh instansi menggunakan sistem CAT ini, hal ini dianjurkan untuk membantu mengurangi kecurangan-kecurangan yang sering terjadi.

Karena apabila menggunakan sistem CAT ini semua masalah-masalah yang biasa sering terjadi terutama di dalam perekrutan CPNS, juga penerimaan CPNS, kemungkinan akan terjadi kecurangannya akan sedikit. Berbeda dengan menggunakan sistem LJK hasilnya masih belum akurat dan tingkat kecurangannya pun masih tinggi.

Mengenai kawasan timur atau daerah-daerah yang masih memiliki segala keterbatasan terutama dalam infrastruktur, menurut guru besar Universitas Indonesia ini, tidak akan ada pengecualian. Apapun alasannya. Sebab pemda bisa menggunakan fasilitas di sekolah-sekolah yang ada komputernya. Ada sekitar 400-an titik yang bisa dipakai untuk tes CPNS lewat sistim CAT. Jadi kabupaten / kota tidak perlu lagi menggunakan sistim LJK.

Rekrutmen CPNS menggunakan CAT hasilnya akan lebih akurat, dan juga akan menghasilkan CPNS yang berkualitas. Karena itu hasilnya murni tanpa dibantu oleh siapapun karena yang bekerja adalah computer itu sendiri. Berbeda dengan menggunakan LKJ, angka kecurangannya masih tinggi.

Dengan begitu sistem CAT juga sangat membantu kita semuanya, selain pemakaiannya simple juga tidak menggunakan biaya yang mahal. Jadi dengan adanya system CAT sangat menguntungkan bagi kita. Diharapkan setiap pelamar yang akan mengikuti tes pun memberikan respon yang positif yaitu dengan tidak menambah lagi deretan masalah atau kecurangan yang sering terjadi. (ASN CPNS/TN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Aku pengen tau apakah ada kendalah tentang sistem cat dalam rekrukmen cpns ?

    BalasHapus