Sedikit PNS Tapi Berkualitas


By | 19.22 Leave a Comment
Sedikit PNS tapi berkualitas menjadi tolak ukur Bupati Kepulauan Meranti Riau untuk tidak mengusulkan formasi CPNS tahun 2014-2015. Karena dinilai banyaknya pegawai negeri sipil yang tidak membawa jabatannya dengan baik karena tugas utama yang harus dilakukan sering tidak dilaksanakan dengan maksimal. Bukan dari satu daerah saja PNS yang tidak bekerja secara maksimal, daerah lain sama. Selain pelayanan yang tidak maksimal kepada masyarakat, PNS juga sering keluyuran pada saat jam kerja, padahal jasanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan daerah.

Sedikit PNS Tapi Berkualitas

Bupati Kepulauan Meranti tersebut juga mengatakan bahwa lebih baik mengusahakan dan mendorong pegawai negeri sipil yang sudah ada untuk meningkatkan kualitasnya, untuk apa banyak CPNS tapi tidak berguna dan tidak ada manfaatnya untuk masyarakat. Untuk tahun ini, pemerintah pusat menetapkan tes CPNS 2014 akan dilaksanakan secara ketat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pegawai yang berkualitas dan benar-benar mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat dengan baik. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem CAT CPNS untuk Tes Kompetensi Dasar. Sistem ini sebelumnya telah digunakan namun baru di beberapa daerah saja, dan tahun ini penggunaan CAT CPNS menjadi kewajiban. Jika pemerintah daerah, kementerian/lembaga tidak menggunakan system ini maka tidak akan diberikan formasi CPNS.

Bupati Kepulauan Meranti, Irwan menginginkan untuk meningkatkan pembanguanan daerah dilaksanakan oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas, karena banyaknya PNS tidak menentukan pembangunan berjalan dengan baik dan kebanyakan cenderung bermalas-malasan.


Usulan formasi CPNS akan berakhir pada bulan Mei ini, jika memang Kepulauan Meranti tidak mengirimkan usulan maka tidak akan diberikan formasi oleh pemerintah pusat. Padahal di daerah lain, banyak masyarakat yang ingin menjadi abdi Negara, dari formasi yang disiapkan pemerintah yaitu sebanyak 100 ribu pegawai yang terdiri dari 60 ribu untuk PNS dan 40 ribu untuk PPPK diminati banyak pelamar yang jumlahnya melebihi kuota bahkan sangat banyak. Untuk bisa menjadi bagian dari 100 ribu orang yang lulus harus berusaha dengan keras, segala cara dilakukan untuk bisa menempati jabatan itu. Terlebih untuk pelamar umum yang baru mengikuti tes CPNS pertama kali harus mengetahui gambaran dan kondisi tes yang akan dilaksanakan, materi seperti apa dan bentuk soal yang akan keluar. Untuk bisa memahami hal itu bisa dipelajari di Paket LKIT 2014.

Irwan mengatakan alasan lain tidak menerima CPNS tahun ini adalah untuk menyeimbangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Meranti. Anggaran pembangunan harus lebih besar daripada belanja pegawai. Dengan besarnya anggaran pembangunan akan mempercepat pembangunan di Kepulauan Meranti. Saat ini anggaran pembangunan untuk daerah tersebut adalah 60% dan belanja pegawai adalah 40%, dan ini termasuk proporsional jelas Irwan. (ASN CPNS / AN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: