Batas Usulan Formasi Akhir Mei


By | 04.47 Leave a Comment
Batas usulan untuk formasi CPNS 2014 harus sudah diterima oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) serta BKN pada akhir Mei ini. Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa kementerian sudah hampir seratus persen komplit dalam mengajukan usulan formasi yang diberikan. Khusus di Riau, baru beberapa daerah yang mengajukan usulan formasi kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan yang terakhir mengusulkan adalah dua daerah yaitu kota Pekanbaru dan Rokan Hilir, sedangkan masih ada lima daerah lagi yang belum memberikan usulannya. Waktu yang diberikan sampai akhir Mei merupakan perpanjangan dari bulan April karena seharusnya usulan dari BKD disampaikan kepada Pemerintah pusat pada bulan April, dan diperpanjang hingga bulan Mei 2014.

Batas Usulan Formasi Akhir Mei

Kepala BKD Riau mengatakan belum ada alasan mengapa kelima daerah tersebut belum memberikan usulan formasinya, karena jika sampai akhir Mei masih belum juga ada berkasa yang sampai ke BKD maka daerah tersebut tidak akan mendapatkan formasi dan tidak akan menyuntik untuk pegawai CPNS yang baru.

Tahun ini pemerintah membuka kuota 100.000 kursi yang ditujukan untuk PNS adalah 60.000 kursi dan 40.000 kursi untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Sedangkan untuk Riau yang telah mengusulkan formasi ke BKD semuanya 13.890 orang yang terdiri dari Rokan hilir 3.724, Bengkalis 3.626 orang, Pekanbaru 2.296 orang, Siak 2.001 orang, Dumai 1.001 orang, Inhu 807 orang dan Inhil mengajukan 345 orang. Persaingan untuk tes CPNS tahun ini terbilang ketat karena pemerintah telah belajar dari tes pada tahun-tahun sebelumnya yang ditemukan banyak kecurangan terutama pada seleksi tes CPNS honorer golongan K2 yang sampai saat ini masalahnya terus berlanjut.


Untuk seleksi Tes Kompetensi Dasar pemerintah menggunakan CAT CPNS yang bisa mengefektifkan waktu dan mengefisienkan biaya yang keluar, sedangkan untuk Tes Kompetensi Bidang masih menggunakan LJK. Untuk kementerian/lembaga yang tidak menggunakan CAT CPNS tidak akan mendapatkan formasi dari Pemerintah pusat. Untuk bisa bersaing denga sekian banyak pelamar yang menginginkan posisi yang sama bukan hal yang mudah. Diperlukan kemampuan dan pengetahuan yang maksimal dari seorang pelamar, untuk bisa mempelajari setiap materi dan bentuk soal yang akan keluar pada tes CPNS tahun ini bisa dipelajari di Paket LKIT 2014.

Formasi untuk daerah saja sudah banyak pelamar yang melebihi kapasitas yang ditentukan ditambah untuk Provinsi Riau telah mengusulkan 1.100 orang yan terdiri dari 19 tenaga pendidik, 489 tenaga kesehatan, 592 tenaga teknis, untuk tamatan SMA sebanyak 196, dan 78 kursi untuk atlet yang berprestasi. (ASN CPNS / AN)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: