Berkas Honorer K2 Diverifikasi BKN


By | 00.02 Leave a Comment

Berkas honorer yang telah diajukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) daerah masih harus di verifikasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pemberkasan NIP untuk honore yang telah dinyatakan lulus tes CPNS 2014 masih tetap berlarut dan masih membutuhkan waktu yang lama. Verifikasi yang dilakukan oleh PPK merupakan tahap terakhir untuk verifikasi data, namun dengan syarat setiap daerah melampirkan SPTJM kepada pemerintah pusat. Terhitung sampai hari kemarin, berkas honorer yang telah masuk adalah sebanyak 16.819 berkas honorer K2.

Berkas Honorer K2 Diverifikasi BKN

Seperti halnya yang dijelaskan oleh Deputi Bidang Kinerja dan Perundang-undangan BKN Kuspriyo Murdono bahwa “Dari usulan yang masuk sebanyak 22.445 orang, masih 16.819 honorer belum ditetapkan NIP-nya.” Pemberian NIP merupakan hal yang paling ditunggu oleh para pegawai honrer yang telah dinyatakan lulus oleh pemerintah, karena ini merupakan masa depan dari para honorer K2. Dengan lamanya verifikasi yang dilakukan oleh PPK atau BKN bukan berarti memperlama proses pemberkasan NIP atau menunda-menunda. Pemerintah melakukan ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Meskipun sudah terlampir dengan menggunakan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM), BKN tetap memastikan bahwa berkas yang diajukan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Karena sejumlah masalah mengenai honorer bodong di daerah terus bermunculan ditambah dengan adanya KKN yang dilakukan oleh beberapa pemerintah daerah. Sehingga tidak ditemukan lagi rekayasa dari berkas honorer yang diberikan. Dari beberapa masalah honorer bodong yang sering bermunculan, salah satunya adalah dengan adanya penjualan jatah CPNS seharga 35 juta per honorer di salah satu instansi daerah.


Belajar dari kejadian seperti ini, pengadaan CPNS tahun 2014 yang akan digelar sekitar bulan Agustus dilakukan secara ketat dengan menerapkan sistem CAT. Dengan cara ini mampu melaksanakan tes secara transparan dan efektif sehingga diharapkan akan menghasilkan pegawai yang berkualitas.

Dari banyaknya berkas yang diajukan, masih ada beberapa instansi pusat yang belum mendapatkan NIP-nya yaitu Kemenpora, Kemenakertrans, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenseknag, BKN dan Bappenas. Namun sampai saat ini kelulusan untuk instansi pusat sudah diumumkan dengan pengumuman terakhir yaitu Kementerian PU, sedangkan Kementerian Agama menjadi bungsu untuk pengumuman hasil tes CPNS 2013 dari golongan honorer .

Selain instansi pusat yang masih menunggu untuk proses penetapan NIP, instansi daerah pun masih banyak yang bernasib sama, yaitu sekitar 58 instansi daerah. Bahkan ada beberapa instansi yang sama sekali belum diterbitkan NIP-nya, sedangkan sebagian ada yang sudah ditetapkan dan sebagian lagi semuanya telah ditetapkan. Meskipun masih menunggu beberapa lama lagi untuk penetapan NIP, honorer merasa bangga dan berlega hati, karena setidaknya pemerintah telahy mencoba untuk menyelesaikannya satu per satu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: