KemenPU Buka Kelulusan, Kemenag Jadi Bungsu


By | 00.06 Leave a Comment
Kementerian Pekerjaan Umum telah membuka kelulusan untuk honorer K2 yang mengikuti seleksi CPNS tahun 2013. Ini merupakan kementerian kedua terakhir yang mengumumkan kelulusan, karena Kementerian/lembaga lain telah dulu mengumumkan kelulusan yang diteruskan dengan pembuatan Nomor Induk Pegawai oleh Pemerintah pusat. Dengan keluarnya pengumuman kelulusan honorer K2 Kementerian PU, menandakan bahwa Kementerian Agama akan menjadi bungsu atau yang terkahir mengumumkan kelulusan CPNS 2013. Sampai saat ini Kementerian Agama masih melakukan validasi dan verifikasi data yang diberikan oleh honorer K2.


Waktu yang digunakan untuk verifikasi data honorer K2 memang harus dilakukan dengan benar dan teliti. Terbukti sejak dimulainya tes CPNS 2013 sampai pengumuman saat ini, banyak honorer yang memberikan data palsu sehingga mewarnai verifikasi data yang dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait. Pemalsuan data atau honorer bodong bisa ditemui di berbagai tingkatan instansi, baik pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2013 meliputi 3 tahap seleksi. Seleksi yang pertama merupakan seleksi Tes Kompetensi Dasar yang menggunakan CAT CPNS. Sedangkan seleksi kedua yaitu tes akademik sesuai dengan formasi yang diambil, dalam hal ini adalah Tes Kompetensi Bidang Kementerian Pekerjaan Umum dan tentunya bukan masalah yang gampang, karena untuk bisa menjawab dan lulus pada tahap ini harus memiliki pengetahuan yang luas serta memahami karakteristik setiap soal. Namun semuanya bisa dipelajari dalam TKB Kementerian PU.

KemenPU Buka Kelulusan, Kemenag Jadi Bungsu

Dan tahap yang paling menentukan adalah seleksi wawancara, jika bisa melewati tahap ini bisa dinyatakan lulus sebagai CPNS. Bagaimana jika tidak lulus?? Maka harus mengikuti seleksi tahun berikutnya atau tahun ini. Tentu saja jika mengulang tahun ini, maka kelulusan harus sudah menjadi target utama, tes wawancara bisa dilewati dengan mempelajari Jebol Wawancara.

Begitu ketatnya seleksi yang dilakukan oleh Kementeerian PU, maka hasilnya pun merupakan pelamar yang memiliki pengetahuan dan potensi yang sesuai dengan tugas yang akan dilakukan. Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kemenpan RB, Herman Suyatman, honorer K2 yang lulus dari tingkat SD sampai sarjana yaitu sekitar 1.959 orang. Daftar yang telah lulus seleksi CPNS tahun 2013 Kementerian PU bisa dilihat di website menpan.go.id.

Dengan begitu, Kementerian Agama harus mempercepat mengeluarkan kelulusan honorer K2, karena semuanya menjadi harapan dari para peserta, ditambah beberapa waktu lagi akan dilaksanakan tes CPNS 2014. Jika masalah tes CPNS 2013 telah selesai, maka yang perlu diperhatikan hanya penyelenggaraan tes CPNS untuk tahun ini. Seperti sebelumnya, Kementerian Agama selalu menjadi yang terakhir dalam mengeluarkan pengumuman kelulusan tes CPNS, begitu menurut beberapa peserta yang mengikuti seleksi di Kementerian Agama.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: