Skor Tinggi Belum Tentu Lulus CPNS


By | 00.45 1 comment
Skor tinggi yang didapatkan dari hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) belum tentu pelamar dinyatakan lulus dalam tes CPNS yang menggunakan CAT tersebut. Selain penggunaan yang semakin modern dan canggih, tes CPNS tahun ini juga menggunakan passing grade atau ambang batas nilai kelulusan untuk peserta tes. Dengan diterapkannya cara seperti ini, mengharuskan para peserta untuk lebih teliti dalam menjawab setiap soal yang telah tersedia.

Skor Tinggi Belum Tentu Lulus CPNS

Seperti halnya pada saat pengenalan atau simulasi CAT yang berlangsung di Gedung Wanita Kota Bogor (24/06) dinamakan dengan Career Fair ini mendapat respon yang tinggi dari calon pelamar untuk lebih mengetahui penggunaan sistem CAT CPNS secara labih terperinci. Jika pada saat di Jakarta para peserta atau Job Seeker yang hadir adalah sebanyak 500 orang per hari, di Kota Bogor memiliki keinginan yang sangat tinggi juga yaitu dengan 380 job seeker hadir dan antre untuk bisa mencoba CAT CPNS tersebut.

Setiap orang yang hadir rela antre demi mencoba sistem tes yang baru akan digunakan pada seleksi CPNS tahun ini. Pemerintah juga dengan sigap dan siap memberikan pelayanan sebaik mungkin, sehingga para pelamar nantinya tidak kaku atau buta terhadap penggunaan sistem ini. Simulasi yang berjalan selama dua hari di Kota Bogor ini disediakan 12 laptop dari panitia untuk menunjang kegiatan simulai berjalan dengan lancar dan tidak menumpuk antrean terlalu panjang. Laptop ini bisa ditemukan di stand Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang telah disediakan panitia yang juga bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bagi yang tidak bisa hadir di Career Fair karena alasan lokasi dan waktu, anda bisa mengunduh CAT CPNS secara gratis sebagai bahan gambaran dan latihan ujian CPNS anda di alamat http://cat.asncpns.com

Setiap peserta yang hadir diberikan soal sebanyak 25 yang harus dikerjakan dalam waktu 10 menit. Penilaian dilakukan dengan memberikan skor per soal dan jika peserta bisa menjawab semua pertanyaan yang tersedia akan mendapatkan nilai total 125. Sedangkan passing grade yang ditentukan adalah 70 dengan rincian masing-masing komponen soal TKD yaitu 20 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 20 untuk Tes Intelegensi Umum (TIU) dan 30 untuk Tes Karakteristik Pribadi.

Dari banyaknya peserta yang hadir pada hari pertama untuk mengikuti simulasi CAT CPNS ini, hanya ada satu peserta yang bisa dinyatakan lulus karena telah melebihi ambang batas. Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bagian Komunikasi Publik KemenPAN RB, Suwardi "Walaupun banyak peserta yang total nilainya melampaui 70, namun tidak memenuhi passing grade. Ada saja salah satu komponen soal TKD yang tidak terpenuhi."

Kegiatan Career Fair ini berlangsung dua hari yaitu tanggal 24-25 Juni 2014. Simulasi yang telah diberikan memiliki harapan agar setiap peserta memahaminya dengan baik dan calon pelamar bisa lebih mempersiapkan diri dengan menambah pengetahuan dan memahami kisi-kisi soal yang terdapat dalam soal Tes Kompetensi Dasar (TKD). Untuk schedule Simulasi CAT CPNS di kota besar lainnya di Indonesia silakan anda lihat schedulenya di link berikut ini http://www.asncpns.com/2014/07/job-fair-cpns-upi-bandung.html

Persiapkanlah diri anda dengan sebaikbaiknya karena persaingan dalam perebutan formasi ini semakin ketat. Ketatnya persaingan tidak hanya terjadi pada formasi lulusan S1 dan D3 akan tetapi terjadi juga pada formasi CPNS lulusan SMA. Tahun ini pelamar D3 atau Sarjana yang berakreditasi C diprediksi akan memadati dan memenuhi pelamaran formasi SMA di setiap Kementerian/Lembaga Negara ataupun instansi pemerinatahan daerah. Sebagai rekomendasi bahan pembelajaran anda, silakan anda pelajari Paket LKIT

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Dari 25 soal yg disebutkan diatas, berapa persentase jumlah soal dari masing-masing Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi?

    BalasHapus