KemenPAN-RB Sosialisasikan Sistem CAT


By | 19.44 Leave a Comment
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi telah memberi kesempatan masyarakat untuk mencoba sistem CAT (Computer Assisted Test). Sistem CAT tersebut akan diperkenalkan KemenPAN-RB dalam acara Job Fair di hall Senayan City pada tanggal delapan belas sekarang sampai besok hari serta dilanjutkan dengan pegadaan CPNS di Gedung Wanita Bogor pada tanggal dua puluh empat sampai dua puluh lima Juni mendatang.

KemenPAN-RB Sosialisasikan Sistem CAT

Akan tetapi, KemenPAN-RB tidak akan menerima lamaran seperti hal-hal yang telah disampaikan peserta Job Fair lainya, alasannya pendaftaran akan diajukan pada pekan kedua bulan Juli melalui pendaftaran online. Sosialisasi atau simulasi yang diadakan ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada calon peserta tes CPNS 2014 dengan menggunakan sistem yang canggih dan bisa memberikan hasil yang maksimal. Juga dilakukan untuk mengurangi KKN yang sering terjadi pada seleksi tahun-tahun sebelumnya. Selain itu sistem CAT bersifat transparan dan objektif.

Dengan cara tersebut pemerintah akan lebih optimis mampu menjaring putra-putra bangsa terbaik untuk menjadi Abdi Negara yang bermartabat. Pada tahun ini seluruh instansi yang melakukan rekrutmen Aparatur Sipil Negara wajib menggunakannya dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD), serta akan dilanjutkan dengan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Bagi instansi pemerintah daerah atau pusat yang tidak menggunakan CAT maka tidak akan mendapatkan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Karena sistem CAT menjadi hal yang wajib untuk seluruh instansi.

Disamping itu, Badan Kepegawaian Negara telah menyediakan fasilitas sistem CAT di masing-masing dua belas kantor Regional dan BKN pusat serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mempersiapkan di 2.304 titik lokasi untuk pelaksanaan tes kompetensi dasar. Setelah itu dari segi insfratruktur Uji Kompetensi Guru akan dilaksanakan di ruangan labolatorium sekolah serta labolatorium Perguruan Tinggi Negeri. Lembaga pendidikan dan Kementerian berpartisipasi untuk menyediakan tempat sebagai pelaksanaan tes CPNS tersebut khususnya untuk tes yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Dalam formasi Aparatur Sipil Negara tahun 2014 sudah jelas dibuka seratus ribu formasi, yang terdiri dari enam puluh lima ribu Calon Pegawai Negeri Sipil serta tiga puluh lima ribu Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara untuk rincian CPNS dari enam puluh lima ribu tersebut terdiri dari dua puluh lima ribu formasi untuk instansi pemerintah pusat, dan empat puluh ribu formasi Pemerintahan Daerah. Sedangkan untuk PPPK terdiri dari sepuluh ribu untuk instansi pusat dan dua puluh lima ribu untuk daerah. PPPK menjadi jabatan yang baru dibukan untuk tahun ini karena pada tahun sebelumnya belum ada jabatan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sistem CAT yang digunakan pada tahun 2014 merupakan penerus dari penggunaan CAT tahun 2012 dan 2013 yang belum seluruhnya instansi menggunakan sistem ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: