Usulan Terkirim, Pemprov Tunggu Jatah Formasi


By | 01.10 Leave a Comment
Usulan pengajuan CPNS yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau merupakan tanggapan dari kebijakan pemerintah pusat yang memberikan kesempatan bagi setiap daerah di Indonesia untuk mengadakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014. Saat ini, Pemprov Riau telah mengirimkan usulan tersebut kepada pemerintah pusat dan tinggal menunggu surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) tentang penerimaan usulan tersebut atau formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M. Rian menyatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi penerimaan dari pemerintah pusat secara lisan. Meskipun jumlah yang diajukan belum tentu akan ssebanding dengan jatah yang akan diberikan. Usulan yang diajukan kepada pemerintah pusat untuk Pemrov Riau adalah sebanyak 1.100 formasi, yang terdiri dari 19 formasi untuk tenaga pendidikan, 489 untuk tenaga kesehatan dan paling banyak untuk tenaga teknis yaitu 592.

Usulan Terkirim, Pemprov Tunggu Jatah Formasi

Memang untuk saat ini, paling banyak formasi yang diajukan oleh daerah rata-rata adalah untuk tenaga pendidik dan kesehatan. Mengingat masih sedikitnya pegawai negeri sipil pada bidang tersebut, terutama di daerah-daerah terpencil yang jauh dari pusat kota ataupun daerah yang berbatasan dengan negara lain. Ketertarikan calon pelamar untuk ditempatkan di daerah terpencil sangat minim, karena alasan kondisi lingkungan serta masih kurangnya fasilitas di daerah tersebut.
Sehingga sangat ditekankan untuk pengisian jabatan pada bidang ini. Pemerintah daerah dan pusat telah melakukan berbagai cara untuk bisa memenuhi kekosongan jabatan dokter dan tenaga pendidik di daerah-daerah terpencil yaitu salah satunya seperti dengan diadakannya pengangkatan dokter tanpa tes dan program SM3T.

BKD Riau menambahkan dengan pemberian usulan kepada pemerintah pusat bukan berarti usulan tersebut akan diterima semuanya. Bisa jadi jumlah yang telah ditentukan berkurang dari usulan yang ditetapkan karena untuk memberikan usulan harus ditunjang dengan kesesuaian anggaran yang tersedia, kebutuhan pegawai serta jumlah PNS yang akan pensiun. Semua ini menjadi acuan untuk mengajukan formasi kepada Pemerintah pusat.


Seperti yang telah diketahui, tahun ini KemenPAN tidak menerima usulan dari beberapa pemerintah daerah dengan alasan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan daerah tersebut telah menggunakan anggaran untuk belanja pegawai yang lebih dari 50% ataupun alasan lainnya. Daerah tersebut adalah terdiri dari 6 instansi provinsi, 106 kabupaten dan 29 instansi kota. Sedangkan Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang difasilitasi oleh pemerintah pusat. Tentunya dengan pengajuan usulan tersebut kemungkinan besar para pelamar bisa melakukan pendaftaran dan tes dengan maksimal, karena hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi serta memiliki pengetahuan yang sesuai dengan jabatan yang akan diterapkan yang akan terpilih.

Pelamar pun harus bisa menempatkan diri dengan sebaik mungkin, menjadi abdi negara bukan hal yang mudah. Karena daerah dan negara membutuhkan pegawai yang benar-benar akan mengabdi kepada negara. Pemerintah pusat juga telah menghimbau agar pelaksanaan dan pengadaan CPNS tahun ini bisa murni tanpa ada sogok menyogok dengan pihak tertentu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: