Naskah Soal CPNS Diserahkan Mendikbud


By | 23.36 Leave a Comment
asncpns.com - Seiring dengan berjalannya waktu, penerimaan CPNS 2014 tinggal beberapa minggu lagi sehingga persiapan terus dilakukan oleh panitia seleksi nasional beserta dengan kerjasama lembaga lainnya. Salah satu persiapan yang paling penting adalah persiapan soal yang akan diberikan pada saat tes nanti. Naskah soal CPNS disusun oleh konsorsium 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia yang pada kesempatan kemarin tanggal 23 Juli 2014 naskah soal CPNS tahun 2014 diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Materi Tes Kompetensi Dasar yang menggunakan CAT terdiri dari tiga kelompok soal yaitu Tes Kepribadian, Tes wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensi Umum (TIU), ketiga komponen soal itu merupakan kisi-kisi soal CPNS tahun 2014.

Naskah Soal CPNS 2014

Penyerahan naskah soal CPNS 2014 diberikan secara langsung kepada Menteri PAN RB selaku ketua Panselnas CPNS 2014 yang juga disaksikan oleh Kepada BKN Eko Sutrisno, Wakil Kepada BKN Bima Haria Wibisana, Sekretaris Menpan RB Tasdik Kinanto dan Deputi Menpan RB Setiawan Wangsaatmaja. Kerjasama dengan lembaga lain dalam mendukung terwujudnya seleksi yang bebas KKN, adil dan transparan memang menjadi faktor yang sangat kuat. Adanya kerjasama ini tentu akan memberikan dampak positif pada hasilnya nanti. Sumber Daya Manusia yang direkrut adalah pegawai terbaik yang bisa mengemban jabatan secara maksimal sesuai peraturan yang berlaku.

Pada setiap tahunnya pemerintah meningkatkan sistem penerimaan yang lebih baik. Untuk seleksi tahun ini yang menggunakan sistem CAT mendapat tanggapan positif dari Mendikbud, seperti yang dikatakannya, "Rekrutmen CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang relatif lebih canggih, terbuka dan transparan, bebas KKN diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah." Pernyataan ini dikutip dari website menpan.go.id


Penerimaan CPNS memang menjadi suatu kegiatan yang sangat menarik perhatian masyarakat, karena masyarakat memiliki harapan untuk bisa dilayani dengan baik oleh pegawai pemerintah dalam rangka pemenuhan kesejahteraan. Masyarakat merupakan pihak yang mengetahui secara langsung kinerja yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehingga menimbulkan antusias dan harapan tinggi pada pegawai baru yang menempati jabatan pada instansi terkait.

Kerjasama yang dilakukan dengan berbagai lembaga ini juga menjadi harapan dari Menpan untuk bisa menghasilkan pegawai yang berkualitas. Kementerian/Lembaga yang turut terlibat dalam rekrutmen CPNS 2014 ini adalah BKN salah satunya dengan menyediakan fasilitas CAT BKN, Kemendikbud menyediakan fasilitas UKG untuk CAT dan penyusunan soal, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Intelejen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yaitu dengan menerapkan sistem enkiripsi dan dekripsi pada soal CPNS 2014, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), ICW dan Ombudsman RI.

Kerjasama lengkap untuk menghasilkan putra putri bangsa yang berprestasi dan rekrutmen yang transparan dan bebas KKN. Untuk bisa bersaing dengan pelamar lain, anda bisa menambah pengetahuan dengan mempelajari http://www.paketlkit.com/

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: