Informasi Umum Pendaftaran CPNS Sistem CAT


By | 05.17 Leave a Comment
Pendaftaran CPNS tahun 2014 saat ini tengah digelar oleh pemerintah. Pendaftaran tahun ini menggunakan sistem online, pelamar yang akan mendaftar hanya ditujukan pada satu website saja yaitu http://panselnas.menpan.go.id. Setelah terdaftar pada portal pendaftaran ini dan mendapatkan username serta password, selanjutnya pelamar bisa log in ke masing masing instansi untuk melengkapi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang pelamar miliki. panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id merupakan website penting yang harus diketahui oleh setiap pelamar sehingga tidak bingung dan bertanya lagi akan mendaftar cpns dimana. Sedangkan untuk mengetahui pengumuman penerimaan CPNS 2014 atau mengenai Aparatur Sipil Negara bisa mengakses asncpns.com.

Informasi Umum Pendaftaran CPNS 2014

Pada portal pendaftaran http://panselnas.menpan.go.id tampilan pertama yang terlihat tidak langsung menuju form registrasi atau pendaftaran, pelamar akan disajikan peraturan penting yang harus dipahami sebelum bisa berlanjut pada halaman berikutnya. Yang perlu diperhatikan adalah syarat umum pendaftaran, pelamar tidak perlu menyiapkan berkas apapun karena hanya membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (KTP biasa bisa digunakan), serta alamat email yang valid karena setelah mendaftar akan ada konfirmasi yang dikirim panselnas melalui email yang dimasukkan pada saat pendaftaran. Selain itu, pada penerimaan CPNS tahun ini pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi saja, memilih instansi pusat atau daerah. Namun dalam satu instansi bisa mendaftar tiga formasi jabatan sekaligus yang kualifikasi pendidikannya sama.

Sebelum mendaftar, pelamar harus teliti dalam memilih instansi pemerintah serta jabatan yang akan diterapkan. Pendaftaran di setiap instansi tidak serentak tergantung pada masing-masing instansi namun jangka waktu pendaftaran tetap sama yaitu selama 14 hari atau 2 minggu. Misal jika instansi membuka pendaftaran mulai dari tanggal 24 Agustus maka berakhir sampai 7 September 2014. Sedangkan jika instansi membuka pendaftaran mulai tanggal 25 Agustus maka penutupan pendaftaran tanggal 8 September 2014.

Untuk melihat rincian formasi CPNS 2014 di Kementerian/Lembaga Negara bisa akses di http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html, sedangkan untuk penerimaan CPNS 2014 di seluruh Indonesia bisa lihat di http://www.asncpns.com/2014/06/list-penerimaan-cpns-seluruh-indonesia.html. Pendaftaran CPNS pada portal yang telah ditetapkan sempat mengalami down sehingga tidak bisa di akses secara maksimal oleh setiap pengunjung yang hendak mendaftar atau sekedar melihat formasi pada instansi pemerintah. Sehingga panselnas menetapkan untuk membatasi pengunjung setiap harinya yaitu satu juta per hari. Namun saat ini portal tersebut sudah bisa diakses secara normal dan sudah banyak masyarakat yang berhasil mendaftar. Namun untuk anda yang masih kebingungan cara mendaftar secara online bisa lihat video dibawah ini


Sampai saat ini tanggal 26 Agustus 2014 instansi pemerintah yang sudah siap untuk melakukan penerimaan adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perdagangan, Kejaksaan Agung, BPK, BIG, BKKBN, BNN, Bakorkamla dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa. Untuk melihat instansi pemerintah lain yang sudah siap menerima pendaftar bisa dilihat pada bagian Status Data Formasi yang juga dilengkapi dengan jadwal pendaftarannya. Ciri instansi yang sudah bisa melakukan penerimaan adalah statusnya Siap Pendaftaran dan juga mencantumkan jangka pendaftarannya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: