Pendaftaran CPNS Online 2 Minggu


By | 21.24 Leave a Comment
Pendaftaran CPNS tahun 2014 secara online akan dilaksanakan selama 2 minggu. Menurut jadwal kegiatan pengadaan CPNS 2014, pendaftaran dimulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014. Namun jadwal tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya, sampai pada tanggal yang telah ditetapkan portal pendaftaran online http://panselnas.menpan.go.id belum bisa diakses secara maksimal oleh calon pelamar, hal ini dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar menjadi abdi negara sehingga traffik pengunjung meningkat di hari pertama. Karena diperkirakan pengunjung akan terus semakin banyak, panselnas menetapkan untuk membatasi pengunjung setiap harinya yaitu satu juta pengunjung per hari.

Pendaftaran CPNS Online 2 Minggu

Meskipun dengan permasalahan susah diakses, pendaftaran CPNS 2014 tetap dilaksanakan dan akan diperpanjang dari jadwal yang telah ditetapkan, namun awal pendaftarannya diundur. Menurut portal panselnas.menpan.go.id, jadwal pendaftaran dari masing-masing instansi pemerintah berbeda dan tidak serentak, meskipun begitu pendaftaran akan sesuai dengan regulasi yaitu selama 2 minggu. Sesuai dengan pernyataan Deputi SDM Aparatur KemenPAN RB, Setiawan Wangsaatmaja “Hitungannya 14 hari saat pendaftaran dibuka. Misalnya pendaftaran dibuka 24 Agustus, tutupnnya 7 September. 25 Agustus dibuka, tutupnya 8 September 2014. Dikutip dari JPNN

Dari instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan penerimaan CPNS, terhitung sampai saat ini baru 4 instansi yang telah membuka pendaftarannya yaitu Kementerian Keuangan dengan 9000 kursi, Badan Informasi Geospasial (BIG) 77 kursi, Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) 220 kursi dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebanyak 95 kursi dengan jadwal 24 Agustus - 7 September 2014. Setiap pelamar hanya diperbolehkan memilih satu instansi saat pendaftaran namun bisa memilih tiga jabatan sekaligus pada instansi tersebut disesuaikan dengan kualifikasi pendidikannya.

Jadwal pendaftaran yang berbeda tentunya berpengaruh kepada pelaksanaan tes CPNS yang menggunakan sistem CAT, sehingga tes CPNS pun tidak serentak tergantung pada masing-masing instansi. Untuk melihat rincian formasi di setiap kementerian/lembaga bisa akses di http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html

Persaingan untuk mendapatkan jabatan pada sebuah instansi menjadi hal utama yang harus diperhatikan, sudah banyak pelamar yang telah berhasil mendaftar pada portal yang telah ditetapkan. Yang perlu diperhatikan lagi adalah pengetahuan yang dimiliki terutama materi untuk Tes Kompetensi Dasar yang mencakup tiga komponen soal, materi pembelajaran TKD tersebut bisa didapatkan di Paket LKIT 2014 sebagai rekomendasi dari asncpns.com. Dalam TKD, peserta akan mendapatkan 100 soal yang harus dijawab dalam jangka waktu 90 menit.

Disaat pendaftaran, diharapkan pelamar untuk meneliti secara detail alur pendaftaran serta peraturan yang berlaku terutama untuk pemilihan jabatan serta jadwal pendaftaran di masing-masing instansi. Pendaftaran pada instansi harus diteliti dengan baik jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk mendaftar pada instansi yang telah dibuka pendaftarannya, karena waktu untuk mendaftar masih panjang dan masih banyak instansi pemerintah yang akan mengumumkan rincian formasinya dan siap untuk menerima pelamar.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: