SKL Tidak Berlaku Untuk Daftar CPNS


By | 20.07 Leave a Comment
asncpns.com - Mendaftar untuk menjadi CPNS harus menggunakan ijazah asli yang dikeluarkan oleh sekolah atau perguruan tinggi terkait. Ijazah menjadi syarat utama yang diterapkan oleh panitia, karena jika tidak menggunakan ijazah asli bisa dipastikan pelamar tersebut tidak akan lulus seleksi terutama seleksi administrasi. Pendaftaran CPNS mengundang perhatian banyak kalangan masyarakat untuk bisa berpartisipasi mulai dari yang telah lulus dan meraih gelar sarjana atau tingkatan lebih tinggi sampai pelamar yang baru lulus dari pendidikannya dan belum memiliki ijazah. Padahal persyaratan ijazah asli sudah menjadi syarat mutlak dari setiap tahunnya untuk pendaftaran CPNS, dan juga berlaku untuk tahun ini.

SKL Tidak Berlaku Untuk Daftar CPNS

Pelamar yang baru saja lulus dari sekolah atau perguruan tinggi tidak bisa menggunakan ijazah sementara atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dikeluarkan lembaga pendidikan terkait. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN RB, Herman Suryatman, “Hal itu sudah berlaku selama ini, yaitu harus menggunakan ijazah asli yang sudah terbukti keabsahannya.” Pelamar banyak yang bertanya mengenai masalah ini karena banyak dari mereka yang ingin mendaftar CPNS 2014 namun belum memiliki ijazah asli. Mereka adalah pelamar yang telah lulus atau wisuda namun sampai berakhirnya pendaftaran belum memiliki ijazah asli. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan karena masih banyak pelamar lain yang telah mengantongi ijazah asli.

Pelamar yang belum memiliki ijazah berkesempatan untuk mendaftar pada tahun berikutnya karena peluang selalu terbuka lebar. Kuota CPNS yang disediakan oleh pemerintah pada tahun ini memang lumayan banyak namun tidak sebanding dengan pelamar yang begitu banyak bahkan berkali lipat dari kuota yang tersedia. Meskipun pendaftaran tidak serentak di setiap instansinya tapi pelamar telah menembus kurang lebih 500.000 pelamar pada tanggal 1 September 2014. Instansi pusat yang membuka pendaftaran bisa akses di http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html, sedangkan instansi daerah yang membuka penerimaan bisa dilihat di http://www.asncpns.com/2014/06/list-penerimaan-cpns-seluruh-indonesia.html.

Sebagai bahan rekomendasi untuk pembelajaran kisi-kisi soal CPNS bisa mempelajari Paket LKIT 2014 yang bisa diakses pada website http://www.paketlkit.com/. Pembelajaran memang diperlukan untuk tes CPNS 2014 terutama Tes Kompetensi Dasar yang menggunakan sistem CAT, pemerintah hanya menjaring putra putri bangsa yang memiliki kompetensi tinggi dan bisa menjadi abdi negara yang baik serta melayani masyarakat dengan maksimal.

Selain ijazah yang menjadi salah satu persyaratan utama daftar CPNS, persyaratan lain yang ditambahkan oleh instansi adalah TOEFL. Namun skor yang ditentukan untuk TOEFL setiap instansi berbeda dan tergantung pada masing-masing instansi. TOEFL tidak menjadi syarat wajib namun menjadi syarat tambahan, bahkan masih ada persyaratan tambahan lain yang harus disediakan oleh pelamar namun kembali lagi tergantung instansi yang dipilih.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: