Memilih Dua Instansi Pelamar Dinyatakan Batal


By | 19.29 Leave a Comment
asncpns.com - Pelamar CPNS tahun ini hanya diberi kesempatan satu kali pendaftaran dan hanya bisa mendaftar pada satu instansi saja, jika terdapat pelamar yang memilih dua instansi atau lebih maka kelulusan di setiap instansi yang dilamarnya akan dibatalkan. Peraturan daftar satu instansi merupakan pelajaran yang diambil dari seleksi CPNS pada tahun-tahun sebelumnya yaitu karena banyaknya pelamar mendaftar sesuai keinginan di beberapa instansi, namun setelah dinyatakan lulus di semua instansi tersebut pelamar memilih salah satu instansi dan instansi lainnya ditinggal sehingga jabatan pada instansi tersebut kosong.

Memilih Dua Instansi Pelamar Dinyatakan Batal

Meskipun hanya bisa memilih satu instansi saja pelamar tetap diberikan kesempatan untuk memiilh tiga jabatan sekaligus dengan kualifikasi pendidikan yang sama di instansi yang dipilihnya.
Selain untuk tidak membiarkan jabatan pada instansi kosong, pemilihan satu instansi juga menjadi tolak ukur kejujuran dari masing-masing pelamar. Menjadi abdi Negara harus memiliki kepribadian yang baik dan bisa dicontoh oleh masyarakat nantinya, pada tahap ini pemerintah mengajarkan kejujuran. Mulai dari tahap awal yaitu proses rekrutmen kejujuran harus diterapkan karena akan berpengaruh kedepannya. Seleksi CPNS menjaring pribadi yang berkualitas dan berintegritas bukan sekedar mencari pegawai yang hanya memikirkan gaji saja. Untuk menjaring putra putri bangsa sesuai harapan tersebut panitia seleksi CPNS 2014 meggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang bersifat transparan, objektif, adil dan bebas KKN.

Seperti yang diungkapkan oleh Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PANRB, “Jangan sampai terindikasi tidak jujur apalagi yang berdampak merugikan bagi masyarakat. Selain dibatalkan kelulusannnya, pelamar bisa diajukan ke jalur hukum karena termasuk tindak pidana pemalsuan. Sehingga pelamar harus benar-benar mematuhi setiap peraturan yang berlaku karena jika tidak hanya akan merugikan diri sendiri niat untuk menjadi abdi negara hanya akan terlepas sia-sia.

Pendaftaran CPNS tahun 2014 sendiri menggunakan sistem online dan secara single entry sehingga pelamar hanya bisa mendaftar pada satu portal saja yaitu panselnas.menpan.go.id dan tidak ada pendaftaran via pos. Persyaratan pendaftaran yang harus disiapkan oleh pelamar hanyalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) saja serta email yang masih bisa digunakan. NIK dari setiap orang berbeda sehingga bisa dipastikan pelamar hanya bisa mendaftar pada satu instansi saja karena jika melamar di lebih instansi akan mudah terdeteksi. Pendaftaran seperti ini tidak menjadi masalah bagi para pelamar, karena sampai saat ini telah banyak masyrakat yanbg berhasil mendaftar pada portal nasional panselnas.menpan.go.id ataupun portal instansi mandiri atau sscn.bkn.go.id.

Dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam seleksi CPNS ini, tetap saja yang terpilih adalah yang terbaik diantara yang baik. Untuk bisa mencapai jabatan yang diinginkan harus berusaha dengan keras dan niat yang baik. Kompetisi tetap akan berjalan, untuk bisa menambah pengetahuan mengenai tes CPNS bisa mempelajari Paket LKIT 2014 yang hanya bisa diakses di www.paketlkit.com.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: