Permasalahan Saat Daftar CPNS Online


By | 19.13 1 comment
asncpns.com - Permasalahan sering muncul pada saat pendaftaran online di website panselnas.menpan.go.id, masalah yang ditemui harus diadukan kepada pihak yang berwenang dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2014 sehingga bisa mendapatkan jawaban yang sesuai dengan keadaannya. Dalam hal ini panitia seleksi nasional telah membuka portal pengaduan resmi bagi pelamar yang sedikit sulit mengakses portal pendaftaran yaitu panselnas@menpan.go.id. Masyarakat bisa mengadukan permasalahan yang dihadapi namun harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, salah satunya adalah harus mencaumkan data diri secara lengkap sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Permasalahan Saat Daftar CPNS Online

Pertanyaan yang sering muncul dari pelamar adalah masalah Nomor Induk Kependudukan yang tidak bisa digunakan atau dalam keterangan tertulis NIK telah terpakai. Jika menemukan masalah seperti ini, pelamar bisa langsung mengadu kepada panselnas melalui email dan mengisi subjek dengan Pengaduan Permasalahan NIK. “Panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut”, ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Herman Suryatman.

Masalah lain yang sering menjadi pertanyaan publik adalah pelamar yang telah mendaftar di portal nasional tidak bisa login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal instansi mandiri. Sesuai peraturan dan alur pendaftaran, pelamar bisa login ke portal instansi dengan jangka 1x24 jam setelah daftar di panselnas.menpan.go.id. Jika dalam jangka waktu tersebut masih tetap tidak bisa login maka bisa mengadukan lagi kepada panselnas, subjek tetap diisi dengan Pengaduan Permasalahan NIK dan mengisi informasi data diri secara lengkap dan syarat lainnya sesuai arahan dari panitia.

Selain kedua masalah diatas, pertanyaan dari pelamar adalah instansi yang akan dipilih belum tercantum dalam daftar pilihan terutama untuk instansi pemerintah daerah. Kemungkinan instansi tersebut belum membuka pendaftarannya atau masih dalam proses. Sampai saat ini masih banyak juga instansi daerah yang rincian formasinya belum tercantum pada portal pendaftaran dan harus menunggu sampai rincian formasi keluar dan dibuka pendaftaran. Salah satu penyebabnya adalah rincian formasi yang telah diajukan kepada KemenPAN RB ditarik lagi dan ingin dirubah lagi oleh daerah tersebut sehingga penetapan tertunda. Meskipun begitu panselnas siap melayani pendaftaran sampai akhir tahun ini untuk intsansi daerah.

Dari permasalahan pendaftaran yang ada, sudah banyak masyarakat yang berhasil mendaftar pada portal nasional ataupun portal instansi mandiri/sscn.bkn.go.id. Setelah berhasil mendaftar dan memilih jabatan yang sesuai dengan harapan tahap tes masih jauh dan masih banyak waktu luang yang bisa dipergunakan dengan baik. Kuota 100 ribu lowongan yang dijatah oleh pemerintah akan diminati oleh banyak pelamar dan bahkan jumlahnya berkali lipat dari kuota tersebut. Dalam waktu yang senggang ini diharapkan pelamar untuk tetap belajar terutama untuk Tes Kompetensi Dasar yang mencakup soal kepribadian, kebangsaan dan intelegensi umum. Semua soal tersebut menjadi tolak ukur kesiapan pelamar untuk menjadi abdi Negara. Direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 sebagai bahan pembelajaran tes CPNS 2014.

Pelamar harus lebih bersabar dan berhati-hati dalam pendaftaran. Jangan terburu-buru memilih instansi karena masih banyak instansi yang belum membuka pendaftaran dan kemungkinan menjadi pilihan yang tepat, karena pendaftaran dibuka selama 14 hari terhitung mulai instansi tersebut membuka pendaftarannya. Apalagi pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali, informasi data yang telah dimasukkan tidak bisa dirubah lagi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Bagaimana jika ketika menunggu instansi lain aktif buka pendaftaran dan yang lainnya sudah tutup? Apakah jadwal ujian berbeda-beda tiap instansi?

    BalasHapus