Pendaftaran CPNS Bisa Lintas Instansi


By | 19.01 Leave a Comment
asncpns.com - Pendaftaran CPNS tahun depan pelamar bisa mendaftar lintas intansi atau mendaftar di beberapa instansi sekaligus. Rencana pendaftaran seperti ini akan dilaksanakan pada tahun ini, namun karena beberapa hal sistem ini tidak bisa dilaksanakan dan bergeser ke tahun depan dengan mempertahankan sistem pendaftaran online. Sistem pendaftaran yang digunakan saat ini seperti telah diketahui adalah hanya bisa mendaftar pada satu instansi namun bisa memilih tiga jabatan sekaligus dengan kualifikasi pendidikan yang sama.

Pendaftaran CPNS Bisa Lintas Instansi

Penyebab batalnya penggunaan sistem pendaftaran lintas instansi pada tahun ini sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo, “Tetapi panitia mengalami kendala teknis.” Padahal pendaftaran menggunakan sistem online sudah mulai digelar dari tahun 2013, namun karena masih masa transisi perbaikan masih terus dilakukan dan hanya beberapa instansi saja yang membuka pendaftaran seleksi CPNS secara online. Perkembangan pendaftaran online tahun 2014 ditandai dengan single entry atau dimana setiap pelamar yang akan mendaftar di instansi hanya bisa mendaftar pada satu portal saja yaitu http://panselnas.menpan.go.id. Setelah itu baru bisa login di intansi terkait.

Awalnya pendaftaran dengan single entry ditujukan untuk mempermudah pelamar mendaftar 3 jabatan di beberapa instansi yang dipilihnya. Namun setelah diadakan simulasi ternyata sistem belum siap sehingga panitia merubah peraturan dengan hanya bisa memilih tiga jabatan dalam satu instansi.

Pendaftaran CPNS lintas instansi berkaca pada penerimaan mahasiswa yang bisa memilih lintas universitas, misalnya bisa mendaftar di UGM, UI dan ITB. Dengan penerapan sistem seperti ini pelamar tetap harus melaksanakan tes dan dinyatakan lulus jika telah memenuhi passing grade. Kesempatan pelamar untuk bisa lulus di instansi yang dipilihnya tidak tertutup karena jika tidak lulus pada salah satu instansi masih ada kemungkinan akan lulus di dua instansi lainnya.

Pendaftaran dan tes menggunakan sistem online seperti yang dilaksanakan tahun ini memiliki manfaat yang sangat besar. Untuk pendaftaran, para pelamar tidak perlu repot mendatangi instansi yang dipilihnya ditambah syarat pendaftaran pun dipermudah hanya menggunakan NIK dan email yang masih aktif saja. Pelamar yang berhasil mendaftar pada portal nasional terhitung sudah mencapai 2,5 juta dan diprediksikan akan terus bertambah menembus 3 atau 4 juta orang sampai semua instansi menutup pendaftarannya.

Sedangkan pelaksanaan tes menggunakan sistem komputer atau sistem CAT mampu menghemat kertas sampai 504 ton. Selain itu, sistem CAT bersifat objektif, adil, transaparan dan bebas KKN sehingga bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa penerimaan CPNS gratis dan tidak berbayar. Hal ini terkait banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan pemerintah dengan meminta sejumlah uang untuk kelulusan seleksi CPNS. Para pelamar harus tetap berhati-hati jika menemukan indikasi seperti itu. Penggunaan CAT mampu mematikan para calo namun penipu masih tetap berkeliaran.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: