Jadwal TKD Instansi Pusat


By | 21.54 Leave a Comment
asncpns.com - Jadwal pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar di setiap intansi berbeda, tidak serentak. Hal ini merupakan dampak dari pendaftaran CPNS yang tidak bersamaan, sampai saat ini masih banyak pemerintah daerah yang belum membuka pendaftarannya meski di beberapa instansi sudah memulai untuk pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar. Pelaksanaan TKD sudah dimulai sejak 22 September lalu dan masih akan terus berlangsung sampai semua instansi melaksanaan tes secara bertahap. Pelaksanaan tes ini diprediksikan akan terus berlanjut sampai akhir tahun ini.

Jadwal TKD Instansi Pusat

Instansi pusat yang akan melaksanakan TKD dalam waktu dekat adalah BMKG pada 1 Oktober, BPOM 7 Oktober, Mahkamah Agung 8 Oktober, Kementerian PU 9 Oktober dan Kemenkumham 10 Oktober 2014. Karena jumlah pendaftar di setiap instansi berbeda maka setiap tes dilaksanakan dibagi menjadi beberapa hari tergantung masing-masing instansi. Tes tidak serentak memberikan dampak positif terutama untuk instansi daerah karena tempat dan perlengkapan tes bisa digunakan secara bergantian. Untuk menunjang tes menggunakan CAT selain menggunakan CAT BKN juga memanfaatkan fasilitas CAT UKG milik Kemendikbud hal ini bertujuan agar bisa menjangkau daerah yang tidak memiliki kantor regional (Kanreg).

Selain 5 instansi pusat diatas, jadwal instansi pusat yang akan melaksanakan tes beberapa waktu ke depan adalah Kementerian Pertanian 11 Oktober, BPN 13-14 Oktober, Kementerian Perhubungan 15-17 Oktober, BNN 18-20 Oktober, BPK 21 Oktober, Kementerian Sosial 22 Oktober, dan BKN 10 November 2014.

Meski instansi pusat tersebut telah akan mulai melaksanakan tes CPNS, masih ada instansi pusat yang akan memperpanjang pendaftarannya. Seperti dikutip dari website panselnas.menpan.go.id, Bakorkamla memperpanjang pendaftaran sampai 4 Oktober. Memperpanjang pendaftaran tidak menjadi masalah karena sebelumnya juga telah ada instansi yang memperpanjang pendaftaran namun harus tetap memenuhi aturan. Perpanjangan boleh dilakukan tidak lebih dari 7 hari, dan rata-rata instansi memperpanjang pendaftaran selama 3-5 hari.

Untuk mempermudah pelaksanaan tes oleh peserta dari berbagai daerah, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menggagas sebuah sistem baru yaitu pelaksanaan tes dimana saja sehingga pelamar bisa memilih tempat pendaftarannya sesuai keinginan mereka. Hal ini juga yang menjadi tantangan bagi pemerintahan baru khusus untuk seleksi CPNS agar pelaksanaan tes bisa dimana saja. Saat ini meski pelaksanaan tes tersebar di seluruh Indonesia, hasil tes bisa dipantau oleh Panselnas secara langsung karena setiap komputer peserta telah dirancang secara online dan bisa terhubungan dengan Panselnas.

Sebagai rekomendasi untuk pembelajaran materi tes CPNS bisa mempelajari Paket LKIT 2014.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: