Tes CPNS Malang Dilakukan 6 Hari


By | 21.08 Leave a Comment
asncpns.com - Tes CPNS kota Malang akan dilakukan selama 6 hari yaitu dari tanggal 20 sampai 25 November 2014, dikarenakan jumlah peserta yang cukup banyak. Pelaksanaan seleksi CPNS Malang menerapkan seleksi tiga tahap yang terdiri dari seleksi administrasi, Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Jumlah pelamar yang berhasil mendaftar secara online tercatat sebanyak 5.818 dengan formasi yang tersedia hanya 79 lowongan saja. Dan setelah seleksi administrasi dilaksanakan jumlah peserta menurun lagi hanya berjumlah 4.083 orang, meskipun ada penurunan jumlah peserta tetap saja seleksi akan berlangsung sangat ketat, karena satu peserta harus mengalahkan 51 peserta lainnya.

Pelaksanaan Tes CPNS Kota Malang

Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar panitia instansi yang bersangkutan harus mempersiapkan computer dengan jumlah yang banyak, mengingat bahwa tahun ini pelaksanaan TKD wajib menggunakan sistem online. Untuk mendukung pelaksanaan TKD berjalan dengan lancar, Kepala BKD Malang Sugiharto mengungkapkan bahwa tes akan memanfaatkan sekolah dengan jumlah computer yang memadai. “Ujian akan dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Malang karena membutuhkan banyak computer dan di sekolah tersebut ada 200 unit computer. Ujian CPNS tahun ini dilakukan secara online dengan sistem CAT yang membutuhkan banyak computer bagi peserta.”

Jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi akan melangsungkan tes dalam jangka 6 hari, dalam satu hari terdiri dari 4 sesi. Seperti yang telah diketahui bahwa Tes Kompetensi Dasar menggunakan CAT diberikan waktu selama 90 menit untuk menjawab 100 soal. Jadi dalam 4 sesi tersebut masing-masing menghabiskan waktu 1,5 jam. Khusus untuk peserta yang akan mengikuti tes di Kota Malang, peserta harus menggunakan pakaian putih hitam dan menggunakan sepatu beserta persyaratan lainnya. Jika tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan maka yang bersangkutan bisa didiskualifikasi.

Tahun ini, selain pelaksanaan CPNS yang dipermudah juga dilaksanakan secara ketat dengan menggunakan sistem CAT. Karena sistem ini merupakan sistem baru yang diterapkan secara serentak mulai tahun ini, maka panitia tes CPNS kota Malang akan memberikan pelatihan tes terlebih dahulu kepada para peserta sebelum pelaksanaan TKD digelar. Dengan begitu para peserta bisa lebih memahami dan mengerti tata cara pelaksanaan tes secara menyeluruh tidak hanya sebagian saja. Sebagai materi pembelajaran tes, direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2014 sebagai materi TKD dan LKIT TKB Pemda untuk tes TKB.

Jumlah formasi yang tersedia untuk kota Malang tahun ini lebih besar dibandingkan dengan formasi pada tahun sebelumnya. 79 formasi yang tersedia didominasi untuk tenaga kesehatan dengan rincian 65 kursi tenaga kesehatan, 7 kursi untuk tenaga pendidik, tenaga keuangan 3 kursi dan tenaga umum 4 kursi. Sedangkan formasi tahun sebelumnya semuanya diberikan untuk tenaga pendidik yaitu sebanyak 40 lowongan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: