Formasi CPNS Kemenag Banyak yang Kosong


By | 03.05 Leave a Comment
asncpns.com - Formasi CPNS Kementerian Agama banyak yang kosong, beberapa formasi yang disediakan tidak terisi bahkan untuk formasi dosen jumlah pelamar turun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Formasi CPNS yang disedikan oleh Kemenag untuk tahun ini adalah sebanyak 2.096 lowongan dan menarik pelamar sebanyak 12.552. Jumlah formasi yang kosong ini diketahui setelah pendaftaran secara online ditutup.

Formasi CPNS Kemenag Banyak yang Kosong

Beberapa penyebab dari kekosongan ini adalah memang karena tidak ada pelamarnya, selain itu meskipun ada pelamarnya tetap tidak bisa terisi karena nilai passing grade TKD peserta tidak memenuhi seperti aturan yang telah ditetapkan. Formasi kosong tersebut akan dikembalikan lagi kepada panitia seleksi nasional. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Biro Kepegawaian Kemenag Mahsusi, “Untuk formasi yang kosong-kosong itu, kuotanya kita kembalikan lagi ke panitia seleksi nasional CPNS 2014.” Formasi tidak terisi pernah juga terjadi pada tahun 2013, dari jumlah yang disediakan sebanyak 396 dan yang terisi hanya 269 saja.

Salah satu formasi yang tidak ada peminatnya adalah formasi dosen khusus untuk dosen akuntansi syariah. Perkembangan disiplin ilmu untuk kualifikasi ini baru diadakan beberapa tahun ke belakang sehingga pelamar dengan kualifikasi akuntansi syariah masih minim. Peminat untuk formasi dosen turun dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu ramai pelamar. Karena banyaknya pelamar tersebut perbandingan antara satu formasi dengan pelamar pun sangat tinggi berbeda dengan tahun ini yang perbandingannya hanya 1:2 atau 1:3. Untuk formasi dosen yang disediakan sebanyak 50 lowongan hanya bisa menarik peminat 100-150 pelamar.

Selain itu pada penerimaan CPNS tahun ini diberlakukan formasi untuk lintas jabatan yang bisa diisi dari disiplin ilmu mana saja. Di Kementerian Agama formasi ini menarik banyak pelamar dan nantinya peserta yang lulus akan ditempatkan untuk mengisi jabatan staf dan fungsional umum.

Mahsusi beranggapan bahwa penyebab lain dari formasi dosen yang sepi pemint adalah karena pelaksanaan pendaftaran yang dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia. Minimnya minat pelamar menunjukkan minimnya juga pelamar yang berminat untuk menajadi PNS. Sedangkan menurut wacana tahun depan tidak akan ada penerimaan CPNS karena diterapkannya kebijakan moratorium oleh MenPAN RB yang telah direncanakan untuk penyusunan skemanya dan masih membutuhkan payung hukum untuk bisa dilaksanakan mulai tahun depan.

Selain Kemenag yang mengembalikan kuota formasi CPNS 2014 yang kosong, pada masa awal pendaftaran CPNS beberapa instansi daerah menyatakan batal melakukan penerimaan meskipun kuotanya telah diberikan oleh KemenPAN RB. Kuota instansi daerah yang batal melakukan penerimaan tersebut akan diberikan jika tahun berikutnya berencana untuk melakukan penerimaan.
Sedangkan untuk agenda saat ini di beberapa instansi baik pusat ataupun daerah tengah melaksanakan Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Dan untuk Pemprov Jabar baru saja membuka pendaftaran pada hari kemarin (11/11).

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: