Rekrutmen CPNS Guru Untuk Wilayah SM3T


By | 18.14 Leave a Comment
asncpns.com - Rekrutmen guru untuk wilayah terpencil saat ini dibuka oleh pemerintah, mengingat saat ini jumlah tenaga pendidik di daerah cukup minim dibandingkan dengan kota-kota besar. Rekrutmen ini terpisah dengan rekrutmen CPNS jalur umum yang telah dibuka pendaftarannya sejak beberapa bulan yang lalu. Kali ini pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan sejumlah daerah terpencil yang membutuhkan banyak tenaga pendidik yaitu 29 kabupaten di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T). Pelamar yang bisa mendaftar sebagai calon peserta adalah lulusan dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) pasca Program SM3T.

Rekrutmen CPNS Guru Untuk Wilayah SM3T

Untuk pendaftaran dilakukan seperti rekrutmen CPNS secara umum yaitu melalui website resmi http://panselnas.menpan.go.id. Karena prosesnya sama seperti pendaftaran CPNS secara umum, setelah mendapat konfirmasi melalui email dari panselnas maka selanjutnya adalah login ke portal http://cpns.kemdikbud.go.id. Peserta bisa memilih tiga daerah sekaligus dengan jabatan yang sama di masing-masing daerah, dan nantinya akan dilaksanakan tes yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama Tes Kompetensi Dasar menggunakan sistem CAT CPNS yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Desember 2014, namun karena beberapa hal pelaksanaan TKD dimajukan pada tahun depan yaitu 19-20 Januari 2015. Peserta yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus TKD akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang.

Jumlah lowongan yang disediakan oleh Kemendikbud adalah 1.000 lowongan dengan jabatan formasi guru yaitu 25 formasi, diantaranya adalah Guru Bahasa Indonesia Pertama untuk SMP, SMK, dan SMA, Guru Biologi Pertama untuk jenjang SMA, Guru SMP Pertama untuk jenjang SMP, Guru Kelas SLB Pertama (SLB), Guru Seni Budaya Pertama untuk jenjang pendidikan menengah pertama, menengah atas dan sekolah menengah kejuruan, Guru Teknik Elektronika Pertama untuk SMK dan terakhir adalah Guru TK PAUD Pertama.

Rekrutmen formasi guru ini sebagaimana yang telah dikutip dari website setkab.go.id, “Formasi ini dibuka khusus bagi para lulusan PPG setelah mengikuti program SM3T untuk diangkat sebagai CPNS di daerah dengan jabatan tenaga fungsional guru.”

Selain aturan untuk ditempatkan di daerah 3T tersebut, aparatur juga harus siap melaksanakan tugas minimal selama 5 tahun di daerah tersebut, namun disesuaikan lagi dengan peraturan masing-masing daerah. 29 kabupaten yang menjadi pilihan atau daerah penempatan setelah dinyatakan lulusa seleksi CPNS adalah Kabupaten Aceh Singkil, Flores Timur, Alor, Kupang, Raja Ampat, Sorong, Manokwari, Rote Ndao, dan Sumba Timur. Seperti yang telah disebutkan pada saat pendaftaran pelamar bisa memilih jabatan yang sama di tiga daerah sekaligus, masing-masing menentukan urutan dari prioritas pemilihan daerah.

Pada saat pendaftaran instansi yang dipilih adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, setelah dinyatakan lulus barulah peserta akan ditempatkan di instansi sesuai pilihannya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: