Hanya 16 Orang Lulus CPNS Kemenpan


By | 18.10 Leave a Comment
asncpns.com - Hanya 16 orang yang dinyatakan lulus seleksi CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refromasi Birokrasi (KemenPAN RB). Tahapan seleksi yang dilakukan oleh Kemenpan terdiri dari dua tahap yaitu Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Peserta yang lulus TKD berjumlah 43 orang dan setelah mengikuti seleksi TKB peserta berguguran menjadi 16 orang. Bagi intansi yang melaksanakan tes TKD saja penentuan kelulusan dilakukan setelah yang bersangkutan lulus Tes Kompetensi Dasar. Dari sejumlah peserta yang lulus hanya akan menempati 16 formasi saja sedangkan yang disediakan oleh Kemenpan adalah 20 formasi, dan berarti 4 formasi kosong.

Hanya 16 Orang Lulus CPNS Kemenpan

Sama halnya seperti penerimaan CPNS di instansi lain, peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan pemberkasan atau registrasi dengan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat utama diangkat menjadi CPNS. Khusus untuk Kemenpan, dokumen tersebut harus diserahkan pada hari Jum’at tanggal 23 Januari 2015 yang bertempat di Ruang Rapat Mulawarman Lantai 1 KemenPAN RB, Jalan Jenderal Sudirman kavling 69 Jakarta Selatan mulai pukul 09.00 pagi.

Pemberkasan masih masuk dalam seleksi penerimaan CPNS sehingga setiap pelamar harus menyerahkan secara langsung berkas tersebut tanpa ada perwakilan, seperti yang dijelaskan oleh Ketua Tim Pengadaan CPNS KemenPAN RB tahun 2014, T. Eddy Syah Putra “Pelamar harus datang sendiri, tidak boleh diwakilkan. Jika yang bersangkutan tidak datang maka dinyatakan mengundurkan diri dan harus menyerahkan surat pengunduran diri kepada panitia pengadaan CPNS yang telah ditandatangani di atas materai 6000.

Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus bisa langsung dilihat pada website resmi menpan.go.id, banyaknya kecurangan yang terjadi pada penerimaan CPNS harus menjadi pelajaran bagi setiap pelamar untuk tidak mempercayai oknum yang menjanjikan kelulusan dengan harus memberikan sejumlah uang. Penerimaan CPNS setiap tahunnya gratis tidak dipungut biaya apapun, hal ini memberikan kesempatan untuk para pelamar yang memiliki minat tinggi untuk menjadi CPNS. Yang paling penting adalah seberapa besar kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi seorang abdi negara.

Penerimaan CPNS tahun anggaran 2014 sudah memasuki tahap akhir atau pemberkasan untuk diangkat menjadi CPNS, setelah itu adalah pemberkasan NIP. Maka seleksi CPNS selanjutnya adalah penerimaan CPNS untuk tahun anggaran 2015. Berbeda dari penerimaan tahun-tahun sebelumnya, hanya beberapa formasi saja yang akan dibuka terutama untuk tenaga pendidik dan tenaga medis. Karena seperti yang telah diketahui bahwa tahun ini mulai diterapkannya moratorium (pemberhentian sementara) CPNS dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja dari pegawai yang ada saat ini. Apalagi di sebagian instansi dan daerah yang jumlah pegawainya telah banyak dan anggarannya lebih dari 50 persen, hal ini perlu dibenahi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: