Penerimaan 10.000 Pegawai Ditjen Pajak


By | 18.02 1 comment
Penerimaan 10.000 Pegawai Ditjen Pajak
asncpns.com - Penerimaan atau penambahan PNS untuk Ditjen Pajaak sebesar 10.000 pegawai telah disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi. Hal ini terkait dengan besarnya target pencapaian ditjen pajak untuk tahun ini. Dari awalnya hanya 900 triliun saja naik menjadi sekitar 1.300 triliun atau mengalami kenaikan sebanyak 30 persen. Tentunya untuk dapat merealisasikan hal tersebut diperlukan pegawai dengan jumlah banyak agar bisa menangani dengan maksimal. Selain dengan penambahan pegawai, telah diinformasikan pula bahwa gaji PNS di lingkungan pajak akan mengalami kenaikan seimbang dengan tingginya target yang harus dicapai.

“Kita beri dukungan penuh, termasuk pengadaan personalia pajak, karena memungut pajak itu kan tidak bisa dengan imbauan-imbauan, tidak dengan membayar sendiri ke ATM. Harus ada person to person,” jelas Yuddy. Dari situ pegawai pajak yang nantinya direkrut tidak hanya akan ditempatkan di pusat saja tetapi akan menyebar di seluruh Indonesia. Namun untuk melakukan rekrutmen tentu Kementerian Keuangan khususnya harus siap dengan anggaran yang diperlukan, jumlah 10.000 bukanlah jumlah yang sedikit. Jika anggarannya tidak memungkinkan maka rekrutmen bisa dilakukan secara bertahap, tahun ini 30 atau 50 persen dari sisanya pada tahun fiskal selanjutnya.

Dari jumlah pegawai yang direkrut nantinya akan dibuatkan lembaga baru yaitu Badan Penerimaan Pajak dan kantornya ditempatkan di daerah-daerah potensial yang belum tersentuh oleh instansi pajak. Mengenai penambahan lembaga akan berdampak pada penambahan kantor pula, namun yang paling penting saat ini adalah realisasikan penambahan pegawai dan menggunakan gedung yang ada. Jika menunggu untuk membuat gedung terlebih dahulu maka kinerja akan tertunda sampai 2 atau 3 tahun sedangkan target sudah di depan mata. Rekrutmen rencananya akan mulai dilakukan pada semester pertama ini sedangkan penerimaan selanjutnya di tahun fiscal berikutnya.
Tugas utama untuk kas negara adalah dengan mendatangi secara langsung wajib pajak sehingga pegawai yang dibutuhkan akan sangat banyak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain penambahan pegawai kementerian keuangan akan menaikkan gaji pegawai ditjen pajak karena target yang harus dicapai juga meningkat. Selama 7 tahun remunerasi di lingkungan ditjen pajak belum pernah mengalami kenaikan lagi sehingga ini adalah waktu yang tepat.

Berbanding terbalik dengan persetujuan MenPANRB akan penambahan 10.000 pegawai pajak, penerimaan CPNS secara umum tahun 2015 belum bisa ditentukan jumlahnya namun meskipun berlaku moratorium beberapa formasi tetap akan dibuka selain tenaga pendidik dan medis, ada juga jabatan fungsional tertentu dan pegawai penyuluh. Dengan ini maka pemda atau instansi bisa mengajukan kuota CPNS namun dengan syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah dengan melampirkan data kebutuhan pegawai selama 5 tahun.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: