Lowongan 80 Ribu Formasi Untuk Honorer K2


By | 22.14 Leave a Comment
Lowongan 80 Ribu Formasi Untuk Honorer K2
asncpns.com - Lowongan 80 ribu formasi untuk honorer K2 akan dibuka oleh pemerintah, mengingat banyaknya tenaga honorer K2 yang tidak lulus menjadi CPNS setelah mengikuti tes pada tahun lalu. Selain itu, pada pengangkatan honorer sebelumnya banyak yang melakukan manipulasi data. Oleh karena itu target utama pemerintah saat ini yaitu melaksanakan pengangkatan honorer eks K2, dinyatakan lulus tes namun kelengkapan administrasi tidak sesuai sehingga pengangkatan dibatalkan dan pelaksanaan tes dilakukan lagi pada tahun ini.

Masalah honorer K2 merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian pemerintah pusat khususnya. Untuk menangani hal tersebut, pemerintah mengambil kebijakan dengan memberikan kesempatan bagi para pegawai honorer K2 untuk mengikuti tes terakhir pada tahun ini dan menyelesaikan masalah honorer dengan tenggat waktu sampai akhir Desember 2015 sudah selesai. Namun tes yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini hanya untuk honorer yang telah mengikuti tes pada tahun sebelumnya dan memiliki persyaratan lengkap sebagai seorang honorer K2 (honorer asli).

Jumlah formasi yang disediakan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya adalah sebanyak 208 ribu orang, namun setelah ditetapkan pegawai honorer yang melakukan pemberkasan di Badan Kepegawai Negara (BKN) hanya berjumlah 120 ribu pegawai. Pegawai yang mengikuti tes nantinya benar-benar pegawai honorer asli dan datanya telah terdaftar di BKN dan di KemenPAN RB. Tidak akan ada lagi manipulasi data seperti yang terjadi pada pengangkatan di tahun-tahun sebelumnya. Daftar honorer yang diangkat menjadi CPNS semuanya tercantum dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), kekosongan pegawai dari kategori honorer pun terlihat dari SPTJM yang dilampirkan oleh PPK.

Daftar nama yang terdapat dalam SPTJM adalah honorer yang telah mengikuti tes sebelumnya namun tidak lulus. PPK atau pihak lainnya tidak bisa memanipulasi data dengan memasukkan honorer bodong pada 80 ribu formasi yang tidak terisi. “Nama-nama mereka sudah ada semua. Diluar itu tidak boleh ikut tes,” jelas Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB).

Adanya pengangkatan CPNS dari kalangan honorer tetap menyesuaikan dengan moratorium seperti yang telah diketahui oleh semua pihak. Prioritas penerimaan CPNS dari kalangan honorer adalah untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan, jabatan fungsional tertentu dan penegak hukum dan nantinya diisi oleh pegawai yang dinyatakan lulus pada tes honorer eks K2.

Rencananya, pelaksanaan tes dilakukan pada pertengahan tahun nanti atau sekitar bulan Juli dan Agustus setelah lebaran. Tes ini merupakan tes ulang setelah tes sebelumnya yang dilakukan oleh para pegawai honorer yang tidak lulus tes. Pengangkatan honorer K2 tidak bisa dilakukan begitu saja, termasuk untuk honorer eks K2, mereka tetap harus mengikuti tes CPNS. Untuk mengikuti tes nanti, direkomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT 2015.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: