Umumkan CPNS Telat, Terancam Tidak Dapat Formasi


By | 19.07 Leave a Comment
Umumkan CPNS Telat, Terancam Tidak Dapat Formasi
asncpns.com - Umumkan CPNS telat berimbas pada formasi seleksi penerimaan tahun ini, hal ini berlaku bagi instansi yang tidak mengumumkan kelulusan CPNS 2014 sampai batas waktu yang telah ditentukan. Batas akhir yang ditetapkan oleh pemerintah adalah sampai pada akhir Februari 2015, namun sampai pada tanggal 3 Maret 2015, masih ada saja instansi yang tidak mengumumkan kelulusan CPNS nya. Instansi tersebut adalah merupakan instansi daerah, yakni tujuh kabupaten/kota di Sumatera Utara. Jumlah seluruhnya instansi daerah yang belum mengumumkan kelulusan adalah 19 instansi daerah, dan sebagian besar adalah dari Sumatera Utara ini.

Terlambatnya pengumuman kelulusan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal dan salah satunya adalah afirmasi untuk beberapa jabatan. Selain itu, banyak pejabat daerah yang tidak mengumumkan kelulusan karena masih memaksa kepada pemerintah pusat agar kerabat atau keluarganya yang tidak lulus tes untuk diluluskan.

“Tidak ada kekuatan apapun yang bisa menekan saya dan panselnas untuk meluluskan peserta tes CPNS yang memang tidak lulus. Jadi kalau masih ada pihak-pihak yang berusaha untuk memanipulasi hasil tes hingga menghambat pengumuman kelulusan hasil tes CPNS di berbagai daerah, hanya sia-sia saja,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Yuddy Chrisnandi. Sebagaimana yang terjadi pada putri Presiden Joko Widodo, pihaknya tidak meminta agar Kahiyang Ayu untuk diluluskan, dan berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di daerah.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di daerah yang masih saja bersikeras untuk mempertahankan kelulusan CPNS akan diberikan sanksi yang tegas. Karena dengan telatnya pengumuman CPNS merugikan banyak peserta yang telah mengikuti tes dan menunggu akan keputusan pasti dari pemerintah daerah. Padahal secara menyeluruh panselnas telah selesai melakukan verifikasi terhadap hasil kelulusan di setiap daerah termasuk instansi pusat. Untuk instansi pusat semua telah mengumumkan kelulusannya tanpa ada yang terlewat.

Sanksi yang akan diberlakukan bagi instansi yang tidak mengumumkan kelulusan diantaranya adalah sanksi disipilin termasuk sanksi tegas dengan tidak diberikannya formasi CPNS tahun 2015. Meskipun diberlakukan moratorium tahun 2015 ini, tidak menutup kemungkinan bagi instansi daerah untuk mengirimkan data kebutuhan pegawai dan pemerintah akan menganalisa ulang kebutuhan tersebut. Apalagi pemerintah telah meminta kepada seluruh instansi untuk melakukan analisa jabatan agar mudah diketahui berapa besar kebutuhan secara real di instansi daerah ataupun di instansi pusat. Formasi yang tidak mengalami moratorium diantaranya adalah tenaga medis, tenaga pendidik, penyuluh dan jabatan fungsional tertentu.

Berlakunya moratorium tentu akan membuat seleksi CPNS 2015 berlangsung secara ketat. Bahan pembelajaran yang direkomendasikan adalah dengan mempelajari Paket LKIT 2015.

Kabupaten/kota di Sumatera Utara yang belum mengumumkan kelulusan adalah Kabupaten Dairi, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kota Tanjungbalai, Mandailing Natal (Madina) serta Kabupaten Toba Samosir.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: