Tes TKB CPNS Pakai CAT


By | 03.39 Leave a Comment
CAT diterapkan pada TKB
asncpns.com - Setelah pelaksanaan migrasi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dari cara manual dengan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) ke Computer Assisted Test (CAT), nampaknya Tes Kompetensi Bidang (TKB) juga akan mengalami hal yang sama dengan TKD yang telah mempergunakan CAT terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui pelaksanaan TKD dengan menggunakan CAT serentak dilakukan pada tahun 2014. Dengan diberlakukannya sistem ini, pelaksanaan tes seleksi CPNS bisa berlangsung transparan dan publik bisa mengetahui setiap tahapan.

Setiap tahun pemerintah selalu memperbaiki sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil agar bisa lebih transparan. Saat ini KemenPAN-RB tengah menggodok perumusan sistem pelaksanan TKB yaitu dengan menggunakan CAT agar hasilnya lebih transparan dan bisa langsung diketahui.

Asdep Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Ariza mengatakan, "Pelaksanaan TKB itu sebenarnya sangat perlu untuk instansi tertentu seperti guru/dosen karena ada yang jago teori tapi praktik malah kurang. Namun TKB ini malah menjadi celah oknum aparatur nakal untuk melakukan manipulasi."

Namun kapan diterapkannya pelaksanaan TKB dengan CAT ini belum pasti, karena menunggu kesiapan insfratruktur. "Sambil menunggu infrastrukturnya lengkap, pencegahan pertama, MenPAN-RB sudah menyatakan akan membatasi instansi yang melaksanakan TKB. TKB hanya diberlakukan untuk jabatan-jabatan tertentu saja seperti guru dan jaksa," tambah Ariza.

Dengan diterapkannya CAT pada TKB ini diharapkan bisa sama berdampak baik seperti apa yang terjadi pada pelaksanaan TKD.
Untuk bahan pembelajaran Ujian Tes Kompetensi Bidang CPNS 2015 disarankan untuk mempelajari bahan ujian TKB dalam Paket LKIT TKB 2015

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: