Sindikat Penipuan CPNS Dibekuk


By | 01.54 Leave a Comment
Penipu CPNS
Credit Image: beritakendal.com

asncpns.com Akhirnya Sindikat Penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berhasil dibekuk. Beredarnya jaringan penipuan ini sangat meresahkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali mereka yang akan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

AKBP Zulham Effendi Lubis selaku Kanit Ranmor Ditreskrim Polda DIY mengutarakan, bahwa jaringan sindikat penipuan ini telah beraksi di daerah Jawa dan Sumatra. Tertangkapnya sindikat tersebut diketahui setelah adanya laporaran dari tiga warga Sleman pada bulan lalu, merekapun mengaku telah menjadi korban penipuan dengan total kerugian fantastis yakni mencapai Rp 485 juta.

Penerapan Sistem baru yang diterapkan oleh pemerintah mengenai pendaftaran CPNS secara online yakni dengan sistem CAT, ternyata masih saja menimbulkan celah bagi para pelaku tindak kriminal. Pasalnya sampai sekarang masih saja orang percaya dengan janji-janji  palsu para penipu yang akan menjamin masuk CPNS tanpa tes. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang masih yakin dengan cara yang instan. Padahal jelas - jelas Pemerintah sudah menyiapkan sistem yang memudahkan  semua orang bisa melakukan tes CPNS secara murni, transparan dan akuntabel.

Selain itu jika diperhatikan dari sisi lain, aksi penipuan ini dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi, sehingga tanpa pikir panjang akibat dari perbuatannya itu, mereka berani untuk mengambil langkah yang melanggar hukum.

Para pelaku penipuan yang melancarkan aksinya di lintas Sumatra-Jawa ini, terdiri dari 2 orang yaitu berinisial MS dan ST. Keduanya berhasil menipu salah seorang warga Sleman yang juga merupakan salah seorang pensiunan PNS yang ingin mencarikan pekerjaan untuk anaknya. Pada saat itu korban percaya dengan janji pelaku dengan dalih akan memasukan anaknya langsung menjadi PNS. Sontak saja Korban pun tergiur dengan tawaran itu tetapi sebelumnya korban harus menyerahkan sejumlah uang kemudian di transfer ke rekening si penipu. Namun naas sampai sekarang belum ada realisasi apapun.

Sampai saat ini aparat kepolisian setempat masih mengejar tiga pelaku lagi, karena diantara ketiga pelaku yang masih buron  itu, salah satunya sebagai otak pelaku sindikat penipuan ini. Otak pelaku dalam aksi ini juga mengaku sebagai pejabat tinggi BUMN. Semoga saja pelaku bisa segera tertangkap.

Harapan kita kejadian ini dapat dijadikan suatu pembelajaran penting untuk kedepannya. Untuk mencapai Keberhasilan menjadi PNS diperlukan perjuangan dan do'a. Tidak perlu melakukan cara Instan untuk meraihnya.
Sebagai bahan pembelajaran ujian CPNS terbaik, asncpns merekomendasikan Paket LKIT 2015

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: