Menpan Restui PNS Mudik Pakai Mobil Dinas


By | 18.54 Leave a Comment
0
asncpns.com - Beberapa waktu lalu, Kementerian PANRB menggodok aturan resmi terkait penggunaan mobil dinas PNS yang akan digunakan untuk mudik lebaran, dengan catatan bahan bakar minyak (BBM) dibeli sendiri dan bertanggung jawab atas kendaraan yang dipakai karena kendaraan ini merupakan mobil dinas yang dibiayai oleh uang rakyat.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi pun merestui para PNS untuk menggunakan mobil dinas untuk mudik.Menurut Yuddy, tiak ada yang salah -mengenai kebijakan memperbolehkan PNS mudik dengan menggunakan mobil ini sedikitnya akan membantu meringankan beban PNS yang hendak mudik, terutama yang punya banyak anggota keluarga.

Pada acara istighotsah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Masjid Istiqlal, Minggu (14/6), Yuddy mentyatakan bahwa, "Bisa dibayangkan biayanya. Daripada menggunakan pesawat atau kereta yang biayanya cukup mahal, kan lebih baik menggunakan apa yang ada." ujar Yuddy.

Penggunaan mobil dinas yang digunakan untuk mudik, sama dengan mobil dinas digunakan saat mengantar berobat anggota keluarga Pegawai Negeri Sipil yang sakit ataupun digunakan untuk mengantar anak sekolah yang searah dengan lokasi kerja PNS yang mendapat fasilitas mobil dinas. Karena mobil dinas diberikan untuk mobilitas kegiatan dan kepentingan PNS tersebut

"Kan akan mubazir jika pakai taksi. Mobil dinas itu diberikan pada pegawai pemerintah untuk memudahkan mobilitas yang mendukung kegiatan-kegiatannya dan kepentingan lain yang bermanfaat," tambah Yuddy.

Guru Besar Universitasw Nasional ini juga mengatakan bahwa mobil dinas yang digunakan untuk mudik ini benar-benar digunakan oleh PNS yang tidak mempunyai kendaraan pribadi. “Jika ada mobil pribadi, tapi mobil dinas yang digunakan untuk hal-hal pribadi, itu baru tidak etis," pungkasnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: