Koalisi Kota Pintar ala Ridwan Kamil


By | 22.02 Leave a Comment
Smart City
asncpns.com - Kunjungan Walikota Bandung, Ridwan Kamil ke University of Berkeley, California selama dua minggu, nampaknya membuahkan hasil. Menurut Ridwan, Pemkot Bandung akan bekerjasama dengan Universitas Berkeley dengan memberi beasiswa pada Pegawai Negeri Sipil di Bandung untuk belajar mengenai Sistem Informasi Geografis (GIS).

Sistem Informasi Geografis ini biasanya digunakan pemerintah untuk melakukan investigasi ilmiah, mengelola sumber daya, merencanakan pembangunan, menguasai pemetaan, dan merencanakan rute transportasi. "GIS sangat penting untuk dipelajari PNS di Bandung. Sistem komputerisasi itu bertujuan untuk mengelola data berbasis geografis," ucap Ridwan Kamil.

Rencananya, beasiswa ini bukan hanya diperuntukkan PNS dikalangan Pemerintah kota Bandung saja tapi juga untuk pelajar di kota Bandung. Namun Ridwan belum bisa memberikan keterangan mengenai teknis pemberian beasiswa ini. Sepeti kita ketahui Ridwan Kamil sendiri merupakan lulusan Universitas Berkeley tahun 2009.

Ridwan Kamil juga datang jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk menggelar koalisi kota pintar, dan menawarkan sejumlah investasi di Bandung pada perusahaan-perusahaan Amerika dan memenuhi 32 kegiatan yang digelar pemerintah setempat

Dalam tiga sampai empat bulan ke depan, sejumlah perusahaan Amerika yang di antaranya merupakan perusahaan pangan, helikopter, dan perusahaan teknologi akan mengunjungi Bandung yang diyakini bahwa perusahaan asing di Bandung diyakini dapat mendatangkan 22 ribu lapangan pekerjaan.

Sebelumnya, Ridwan pernah mengeluh PNS di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) kota bandung yang masih kikuk dalam menggunakan bahasa inggris. "Kami akan terus mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka hingga memiliki skor TOEFL (Test of English and Foreign Languange) sekitar 450 sampai 500," ujar Ridwan Kamil. Upaya itu dilakukan karena Pemkot Bandung kerap mengunjungi dan dikunjungi perwakilan negara asing.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: