Yuddy: PNS Dihimbau Untuk Antar Anak Sekolah Dihari Pertama


By | 18.59 Leave a Comment
Anak Sekolah
asncpns.com - Berakhirnya liburan sekolah yang bertepatan dengan liburan lebaran, menandai bahwa tahun ajaran baru untuk SD/MTS, SMP/MTS dan SMK/MA telah dimulai. Para siswa ini akan mulai masuk kembali untuk belajar pada hari ini, Senin (27/07/2015).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi dalam pernyataan resmi, Minggu (26/7/2015) menganjurkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meluangkan waktu mengantarkan anak-anaknya berangkat sekolah pada hari pertama masuk sekolah, baik di SD, SMP, maupun SMA.

Menurut Yuddy, hal ini bisa memberikan efek positif bagi anak terutama bisa membangun karakter si anak. "Mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah, memberinya motivasi untuk percaya diri dan berperilaku baik di sekolah adalah bagian dari pembangunan karakter anak," ungkapnya.

Hal kecil seperti mengantar anak pada hari pertama sekolah ini, bisa memberikan dampak yang sangat besar seperti meningkatkan budi pekerti anak. Selain itu, mengantar anak juga sebagai komitmen yang kuat dari orang tua terhadap lingkungan sekolah dan bisa membangun kepercayaan diri anak-anaknya.

Dirinya menyadari bahwa anak-anak ini nantinya akan menjadi penerus bangsa yang bergantung kepada budi pekerti dan karakter kuat. Untuk mendesain budi pekerti dan karakter kuat ini, aparat pemerintah sebagai pemimpin di tengah-tengah masyarakat harus menjadi contoh dan teladan.

Oleh karena itu, para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di setiap instansi pemerintah diminta oleh Menpan_RB untuk memberikan keringanan atau dispensasi jika ada PNS yang terlambat masuk kerja dikarenakan mengantar anaknya terlebih dahulu. Dan keterlambatan ini tidak dicatat sebagai pelanggaran disiplin selama dilakukan atas izin dan dalam batas waktu yang proporsional.

Yuddy mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Anies Baswedan. Anies meminta bantuan Yuddy untuk menghimbauan kepada seluruh ASN agar menjadi teladan dalam membangun budi pekerti anak yang diawali dengan mengantarnya ke sekolah. Karena Orang Tua biasanya sangat antusias menghantar anak di hari pertama sekolah terutama anaknya yang baru masuk kelas 1 di SD, SMP maupun SMA. "Kami merespon positif jika ada lampu hijau dari Menteri PANRB untuk memberi kesempatan kepada ayah/ibu yang PNS, ikut mengantar sekolah anaknya di hari pertama," kata Anies.

Menurut Anies, menemani anak saat pertama masuk kerja adalah detik-detik bersejarah dalam kehidupan sebagai orang tua, sama halnya mereka hadir saat anaknya diwisuda.  Selain itu, mengantar sekolah juga secara tidak langsung membuat orang tua bisa berinteraksi dengan guru, sehingga orang tua bisa mengetahui bagaimana perkembangan anaknya disekolah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: