Gaji PNS Naik Minimal 3 Kali Lipat


By | 19.48 Leave a Comment
Remunerasi
asncpns.com - Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) menyatakan bahwa gaji pegawai negeri sipil (PNS) Indonesia perlu dinaikkan. Alasan ini menurutnya agar agar negara bisa mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi. Saat ini gaji PNS masih kalah jika dibandingkan dengan swasta, oleh karena itu sumber daya manusia yang berkualitas lebih memilih bekerja di swasta dibandingkan dengan PNS.

Susi juga menjelaskan bahwa  negara hanya akan dapat 'sortiran swasta' alias SDM yang didapat tidak akan sebaik dari SDM swasta."Kita ingin mendapatkan orang-orang hebat untuk mau jadi pegawai negeri. Kalau gaji PNS kecil, kita dapatnya 'sortiran swasta', kan nggak mau pemerintah dapat pegawai nggak bagus," kata Susi usai Rapat Koordinasi KKP di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Khusus untuk di kementerian yang dipimpinya, Susi mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan kepada Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro agar gaji PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bisa dinaikan sampai 3 kali lipat. Hal ini ditempuh supayaK KP bisa mendapatkan tenaga-tenaga yang handal untuk mengelola sumber daya kelautan Indonesia.

Bahkan beberapa waktu lalu, Susi pernah mengusulkan kenaikan gaji PNS sampai 10 kali lipat. "Pemerintah harus mendapatkan sumber daya manusia terbaik, dengan gaji yang lebih baik. Kita sudah usulkan ke Menteri Keuangan, paling tidak naik 3 kali lipat. Tapi berapa pun dikasih sudah baik," ucapnya.

Ia beralasan, kenaikan gaji pegawai KKP juga diperlukan karena pihaknya telah memperbaiki sistem di KKP sehingga sempit sekali ruang untuk melakukan korupsi. Sebagai imbangan, gaji pegawai KKP harus naik. "Kita kan sudah mencegah lubang-lubang korupsi, mark up, dan sebagainya. Harus ada imbangan, yaitu kenaikan gaji," tukasnya.

Dengan adanya kenaikan gaji, kesejahteraan pegawai KKP tentunya akan meningkat. Dengan begitu, Susi berharap kinerja KKP pun bisa lebih baik lagi. "Kinerja harus lebih baik tentunya, kita genjot lebih baik," tutupnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: