Kementerian Ini Dukung Gaji PNS 14 Juta!


By | 18.13 Leave a Comment
Gaji PNS
asncpns.com - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, mendukung penuh atas usulan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang besarannya mencapai Rp 14 juta pada tahun 2018 nanti. Perihal gaji ini, sudah tercantum dalam draf Peraturan Pemerintah (PP) mengenai sistem gaji dan tunjangan untuk PNS.

Menurut Marsda Agus Barnas selaku Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur), kenaikan gaji ini diharapkan berbanding lurus dengan kinerja para PNS nantinya. "Diharapkan dengan adanya kenaikan gaji tentunya harus diimbangi dengan kinerja yang lebih baik lagi," ujar   TNI Agus Barnas, Selasa (20/10).

Agus mengaku untuk mengimbani kinerja tersebut, Kemenko Polhukam akan mengikuti standar yang diberikan oleh program reformasi birokrasi. Saat ini,  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPAN-RB) sudah merampungkan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil. Rencananya, sistem penggajian baru ini akan efektif berlaku mulai 2018.

Menurut Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi mengatakan bahwa, draf rancangan tersebut sudah dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Dengan kata lain, hanya tinggal satu langkah lagi untuk disahkan. "Kami harapkan September depan sudah selesai dan berlaku mulai tahun anggaran 2018," ungkapnya

Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7. Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.

Ke depan, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta. Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialiasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: