Kekurangan Guru, Disdikpora Sleman Ajukan CPNS 2016


By | 20.42 Leave a Comment
Kuota CPNS 2016 di Sleman

asncpns.com - Kekuranga ratusan tenaga pengajar (guru) sedang terjadi di Kabupaten Sleman. Di Awal 2016 ini, kekurangan terbanyak terjadi pada jenjang sekolah dasar (SD) yaitu sekitar 673 guru. Data kekurangan jumlah guru itu berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Kekurangan guru yang terjadi pada jenjang SD sebanyak 673 itu, terdiri dari 88 guru pelajaran agama Islam (PAI), 170 guru pendidikan jasmani (Penjas) dan 415 guru. Selain itu, kekurang guru juga dialami pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP), diantaranya yaitu sebanyak 6 guru mata pelajaran Kewarganegaraan (PKn), 5 guru Bimbingan Konseling (BK), delapan guru Penjas dan 4 guru ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Arif Haryono selaku Kepala Disdikpora di kabupaten yang terkenal dengan salak pondohnya itu, menyebutkan bahwa saat ini guru honorer yang mengcover kekurangan guru sebanyak 696 orang. Kekurangan guru bisa diakibatkan dari adanya pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun, meninggal, mutasi, mengundurkan diri bahkan dipecat.

Arif menambahkan, pihaknya mengajukan untuk mengadakan pengangkatan status guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS), mengingat terjadinya pengurangan jumlah guru PNS di Sleman. “Di tahun ini kami mengajukan formasi pengangkatan PNS untuk formasi guru kepada BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Sleman,” katanya, seperti dikutip dari Tribunnews, hari Minggu (17/01/2016).

Selain itu, dirinya mengungkapkan bahwa daerahnya sedang sangat membutuhkan banyak guru untuk mengisi beberapa sekolah yang sedang mengalami kekurangan guru, yakni sebanyak 379 unit SD negeri dan 54 unit SMP negeri. “Pengusulan dilakukan berdasarkan kebutuhan di daerah. Namun bagaimanapun, pengangkatan PNS merupakan kewenangan pusat,” ungkapnya.

Dirinya memaparkan bahwa dalam pengajuan CPNS di Kabupaten Sleman, Disdikpora Sleman telah mengajukan nama-nama para honorer yang sudah tercatat sebagai tenaga honorer. “Harapannya dengan adanya pengangkatan di tahun ini, kekurangan guru dapat ditekan,” ujarnya.

Bagi anda yang berminat menjadi PNS dan bingung cara menghadapi seleksi CPNS mendatang, jangan khawatir, segera persiapkan diri anda sebelum tes seleksi CPNS itu tiba dengan mempelajari Paket LKIT sebagai sumber bahan pembelajaran terbaik menguasai materi CPNS. Bila ada pertanyaan seputar Paket LKIT, silahkan masuk ke bagian menu FAQ Paket LKIT

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: