PNS Wajib Mengikuti Apel Pagi


By | 02.42 Leave a Comment
Upaya Meningkatkan Kedisiplinan PNS

asncpns.com - Upaya meningkatkan tingkat kedisiplinan para pegawai negeri sipil (PNS) tengah dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat demi meningkatkan kedisiplinan PNS. Salah satunya dengan mewajibkan semua PNS untuk mengikuti apel pagi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Risbandi AR selaku Sekretaris BKD Kabupaten Sukabumi, mengatakan bahwa tahun ini semua PNS sebelum melaksanakan tugas kesehariannya, diwajibkan mengikuti apel pagi setiap hari kerja. "Mulai 2016 ini, PNS wajib ikut apel pagi setiap hari," ujar Risbandi, seperti dikutip dari Republikanews, hari Kamis (28/01/2016).

Kegiatan apel pagi harus dilakukan PNS sebab sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan PNS agar tepat waktu masuk kerja. Bahkan hal ini dilakukan selain sesuai UU No 5 Tahun 2014, juga mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS

Selain itu, Risbandi menyebutkan bahwa ada sebagian PNS yang tinggal di wilayah Kota Sukabumi sedangkan tugasnya berada di Pelabuhanratu. Tentunya hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan tingkat kehadiran PNS menjadi rendah. Dengan begitu dijelaskan Risbandi, BKD telah membentuk tim yang akan memantau dari ujung utara Sukabumi yaitu Sukaraja sampai selatan di Kecamatan Cisolok. "Harapannya, tingkat kedisiplinan PNS dapat terpantau dengan baik," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, PNS yang tidak hadir dengan alasan yang tidak masuk akal atau tidak jelas akan diberikan sanksi tegas, sebab PNS harus berperilaku sesuai aturan PNS yang berlaku di tempat kerjanya. "Jika lima hari tidak masuk tanpa alasan, maka dikenakan sanksi teguran lisan," ujar dia. Sanksi terberat yang diberikan yakni pemberhentian dengan hormat kepada PNS yang melakukan pelanggaran berat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: