Rencana BKKBN akan Melakukan Pengangkatan PLKB


By | 23.09 Leave a Comment
Pegawai PLKB akan Diangkat Bertahap

asncpns.comBadan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang keluarga berencana dan keluarga sejahtera. Saat ini, rencananya BKKBN akan mengangkat Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini didukung oleh Surya Chandra Surapati sebagai Kepala BKKBN Pusat, saat mencanangkan kampung KB di Desa Tuada, Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, yang menyebutkan bahwa pihaknya akan mengangkat Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) salah satunya di Provinsi Maluku Utara. "PLKB saat ini dibutuhkan untuk ditempatkan di desa dan kelurahan, sehingga dibutuhkan sekitar 40 ribu orang yang tersebar di Indonesia," kata Surya kepada wartawan di Maluku Utara, hari Senin (08/02/2016).

Surya mengatakan, mulai dari pegawai kontrak bahkan honorer juga akan direkrut menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, tambahnya, di seluruh daerah wilayah Indonesia jumlah PLKB kurang merata. Jelasnya, untuk menjadi pegawai BKKBN yang nantinya akan ditempatkan di daerah sebagai PLKB, ditargetkan BKKBN pusat akan mengakomodir sebanyak 15 ribu orang. "Kami menargetkan pada 2017, semua PLKB yang masih menjadi pegawai daerah akan dialihkan statusnya menjadi pegawai pusat, sehingga program KB sesuai dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo melalui program prioritas ke lima (Nawacita) yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia terealisasi," katanya.

Dikatakan Surya bahwa untuk memenuhi kebutuhan PLKB yang semakin berkurang pada tahun 2016 ini, pihaknya akan menarik seluruh pegawai dari daerah ke pusat. Hal ini dilakukan, tambahnya, untuk memenuhi target BKKBN Pusat yang akan mengakomodir sebanyak 15 ribu orang. "BKKBN tidak lagi merekrut pegawai dari daerah lain lalu disebarkan ke daerah lainnya, karenanya memprioritaskan putra daerah setempat, mengingat mereka lebih memahami dan mengetahui kondisi di mana tempat bertugas," ujarnya.

Dicontohkan Surya, saat ini berdasarkan data yang dimiliki Provinsi Maluku Utara, sebanyak lima sampai tujuh desa/kelurahan bisa diisi oleh satu PLKB. Hal ini diketahui dari BKKBN setelah menghitung formasi atau kebutuhan PLKB/PKB yang rencananya pada tahun 2017 akan diangkat menjadi pegawai. "BKKBN menargetkan agar setiap desa/kelurahan harus diisi sedikitnya dua PLKB, agar program KB terealisasi," katanya.

Seperti yang diketahui, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) merupakan pegawai non pegawai negeri sipil (PNS) pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota yang bertugas sebagai pengelola dan pelaksana Program KB Nasional di tingkat Desa/Kelurahan.

Bagi anda yang ingin mengetahui contoh format soal CPNS 2016, bisa klik ini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: