Contoh Bentuk Format Baru Soal CPNS


By | 18.42 6 comments
Format Baru Soal CPNS 2015

Soal CPNS terkadang jika dilihat secara kasat mata akan terlihat mudah dikerjakan akan tetapi pandangan ini tentu saja keliru - karena soal soal yang diberikan sebenarnya terkesan menjebak. Seseorang bisa saja beranggapan jawaban yang diberikan benar, tapi pada kenyataannya tidaklah demikian.

Untuk bisa menjawab soal cpns, seorang calon peserta tes harus bisa menguasai materi tes cpns itu sendiri. Kesulitan utama yang diakui oleh tiap peserta tes adalah bahan dan materi sebagai pegangan, bahan bacaan dan bahan hafalan.

Pelaksanaan Tes CPNS akan terdiri dari tes tes kompetensi dasar dan dibagi menjadi beberapa sub bidang soal. Jikalaupun ada Tes Kompetensi Bidang maka TKB harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak Kemenpan RB.

Tes Kompetensi Dasar yang diberikan, terdiri dari 3 kategori soal yaitu TWK, TIU dan TKP. Jika dikupas kembali, materi dari ketiga kategori ini sangatlah luas cakupannya. Untuk bisa lulus CPNS, setiap calon peserta ujian cpns diharapkan bisa menguasai seluruh materi yang dimaksud. Silakan lihat di bagian ini untuk materi yang dimaksud.

Khusus untuk tahun 2016, naskah soal CPNS dibuat oleh Puspendik Kemdikbud dan Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Setelah itu setiap naskah soal yang jumlahnya mencapai 18.820 butir soal dikoreksi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

"Naskah TKD ini dikerjakan oleh Biro Kepegawaian, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), dan Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan untuk bahasanya dikoreksi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa," ujar Anies.

Soal TKD CPNS ini telah diberikan Mendikbud Anies Baswedan ke Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2016 di kantor Kemendikbud Senayan Jakarta.

Naskah Soal CPNS
Naskah soal TKD tersebut diberikan dalam bentuk CD yang dimana jumlah soal mencapai 18820 butir. Dari jumlah tersebut terdiri atas tiga subtes yaitu
  • 4.817 butir soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  • 8.001 butir soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan
  • 6.002 butir soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Pelaksanaan pengadaan cpns tahun 2016 berbasis merit system dimana pelaksanaan tes menggunakan Computer Assisted Test untuk menjaring abdi negara yang berkualitas dan kompeten. Basic Merit System CPNS ini menekankan pada hasil dimana "Siapa yang lulus dialah yang berkompeten !!"

Kelulusan cpns ditentukan oleh peserta itu sendiri, disaat seseorang mampu menguasai seluruh materi dan bahan ujian bisa dipastikan dia bisa bersaing dengan peserta lainnya.
Rahasia Lulus CPNS adalah menguasai seluruh materi yang terdiri dari Materi Tes Wawasan Kebangsaan, Materi Tes Intelegensi Umum dan Tes Kepribadian - asncpns.com

Disaat semua materi diatas dikuasai, siapa saja orangnya, darimanapun asalnya digadang bisa lulus cpns dengan mudah.

Pemikiran diatas sejalan dengan pemikiran Yuddy Chrisnandi selaku Menteri PAN RB, dimana sebelumnya beliau menyatakan bahwa tes CPNS bisa diikuti oleh seluruh kalangan, yang terpenting terus belajar dan berdoa supaya bisa lulus tes, ungkapnya. Tidak ada suap-menyuap, titipan, dan tindak penyelewengan - jika menemukan segera laporkan, tegasnya. Beliau memastikan bahwa penerimaan CPNS ini bersih !!

Sumber Materi Soal CPNS yang harus dikuasai agar anda bisa lulus CPNS tahun ini dengan mudah akan dijelaskan dalam kisi kisi materi soal TKD CPNS berikut ini:

Kisi kisi Materi Soal TKD CPNS

Kisi kisi materi ini adalah merupakan bahan materi pembuatan soal cpns. Soal CPNS 2016 seperti yang telah dijelaskan diatas dibuat oleh Kemdikbud dan konsorsium perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah, dengan mengacu kepada kisi kisi materi TKD yang telah ditetapkan - soal ini setelah mengalami koreksi nantinya akan dimasukkan ke dalam sistem aplikasi Computer Assisted Test (CAT CPNS). Soal soal ujian cpns yang tadi telah selesai dibuat dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk Bank Soal. Di dalam Bank Soal tersebut terdapat berbagai bentuk macam soal CPNS dengan berbagai tingkatan kesulitan, mulai kesulitan mudah, sedang sampai tingkat kesulitan sulit.

Setiap peserta tes tidak akan mendapatkan soal yang sama antara satu orang dengan orang lainnya. Selain ditentukan oleh jenjang pendidikan, formasi jabatan dan instansi yang dipilih juga akan sangat menentukan soal cpns yang akan dihadapi. Pada intinya, disaat setiap peserta tes bisa menguasai materinya, sudah bisa dipastikan dia akan bisa menjawab soalnya. Referensi terbaik mengenai hal ini silakan anda pelajari Sumber Materi Soal CPNS

Untuk kisi-kisi soal cpns secara globalnya adalah terdiri dari
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Soal Tes Wawasan Kebangsaan merupakan soal yang akan menilai pengetahuan peserta ujian dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia. Soal ini terdiri dari 35 buah butir soal.

Bentuk soal cpns yang diberikan dalam TWK ini akan terdiri dari
  1. Soal CPNS Pancasila
  2. Soal CPNS UUD 45
  3. Soal CPNS Bhinneka Tunggal Ika
  4. Soal CPNS NKRI
Khusus untuk Materi Soal NKRI, dibagi lagi ke beberapa sub bagian materi yang tentu saja harus dikuasai, diantaranya:
  • Sistem Tata Negara Indonesia
  • Pengetahuan Pemerintah Pusat dan Daerah
  • Sejarah Indonesia
  • Peranan Bangsa Indonesia
  • Wawasan Nusantara
  • Pengetahuan Hukum dan Ekonomi
Untuk bisa memahami seluruh materi dengan sempurna, direkomendasikan memiliki dan mempelajari Sumber Materi Soal CPNS - agar ujian cpns yang akan dihadapi bisa sesuai dengan keinginan dan harapan.

Passing Grade dari TWK adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal Tes Wawasan Kebangsaan. Kurang satu point saja nilai dari TWK, maka peserta tes langsung dinyatakan "GAGAL".
  • Tes Intelegensi Umum (TIU)
Soal ujian CPNS berbasis CAT terdiri dari 100 butir soal. dan 30 soal diantaranya adalah merupakan soal dari Tes Intelegensi Umum. Sebagian peserta menyatakan bahwa tes ini adalah merupakan bagian tersulit karena harus melakukan perhitungan angka angka yang muncul dalam soal hitungan dasar. Sebagian lagi meyatakan bahwa TWK lah yang sulit karena banyak sekali materi yang harus dipelajari. Terlepas dari semuanya, manapun yang dianggap sulit - tentunya tetap saja harus bisa dikuasai jika seseorang ingin menjadi seorang abdi negara.

Dalam tes ini setiap peserta akan diukur kemampuannya dalam bidang verbal, numerik, logis dan analitis. Untuk bisa lulus dalam tes ini tiap peserta tes harus memenuhi standard passing grade sebesar 75 atau 50% dari nilai maksimal Tes TIU.

  • Tes Karakteristik Pribadi
Tes ini akan berhubungan dengan karakter dan kejujuran dari masing masing peserta tes. Melalui tes ini akan bisa ditentukan apakah seorang peserta tes cocok dengan kualifikasi jabatan yang dipilih, apakah seseorang layak menempati posisi yang diinginkannya.

Tes ini dirancang khusus sehingga 11 faktor yang diharapkan bisa tercapai untuk menjaring aparatur sipil negara yang bisa melayani. Faktor tersebut mencakup: Integritas diri, Semangat berprestasi, Kreativitas dan inovasi, Orientasi pada pelayanan, Orientasi kepada orang lain, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri, Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Untuk belajar cara menyelesaikan soal TKP silakan baca artikel "Tes Kepribadian CPNS dan Rahasia Penyelesainnya"

Untuk bisa lulus CPNS, setiap peserta tes dipersyaratkan memenuhi nilai 126 atau 72% dari Nilai maksimal Tes Karakteristik Pribadi.

Komposisi Soal CPNS dan Tingkat Kesulitan

Komposisi Soal CPNS yang diberikan melalui sistem CAT terdiri dari berbagai level kesulitannya. mengenai hal ini silakan anda baca di bagian "Komposisi Soal, Tingkat Kesulitan dan Passing Grade CPNS"

Soal CPNS Bentuk Baru

Setiap soal CPNS akan selalu direvisi dan diganti tahun demi tahun, akan tetapi patokan dasar materi pembuatan soal cpns'nya sama saja - yaitu seperti yang telah dijelaskan diatas. Hanya saja perkembangan dan pengetahuan terbaru tentang situasi kebangsaan akan selalu menjadi bahan baru, khususnya dalam kategori soal CPNS NKRI.

Berikut adalah beberapa contoh Soal CPNS baru !!

1. Keseimbangan antara hak dan kewajiban pemerintah sebagai penyelenggara negara harus selalu menjadi hal yang utama. Asas pemerintahan yang dimaksud adalah...
A. Asas Dekonsentrasi
B. Asas Desentralisasi
B. Asas Proporsionalitas
C. Asas Akuntabilitas
E. Asas Medebewind

2. Berikut di bawah ini adalah merupakan hal hal yang termasuk ke dalam asas dekonsentrasi
A. Delegation of authority
B. Election System
C. Policy executing authority only
D. Appointment system
E. Wilayah administrasi

Soal Resmi CPNS

3. Peringatan Konfrensi Asia Afrika yang digelar pada tahun 2015 kemarin bertujuan untuk menyimpulkan dokumen yang disebutkan di bawah ini, kecuali
A. Bandung Message
B. Deklarasi dukungan kemerdekaan untuk Palestina
C. Penghidupan kembali Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika (NAASP)
D. Penguatan kerjasama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perdamaian dunia
E. Deklarasi mengutuk serangan yang dilancarkan arab Saudi dan sekutunya terhadap Yaman


4. Hubungan keterkaitan antara UUD 1945 dan pembangunan nasional adalah....
A. Setiap pembangunan nasional akan berlandaskan UUD 45
B. Pembangunan nasional merupakan pelaksanaan dari cita-cita nasional yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945
C. Hubungan kausal organic Pembukaan UUD 1945 dan pembangunan nasional merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan
D. Semangat UUD 1945 yang dicerminkan melalui pasal-pasal UUD 1945 serta penjelasannya pada hakikatnya merupakan semangat pembangunan nasional
E. Rumusan pembangunan nasionan tersirat dalam pembukaan UUD 1945

Untuk bisa mempelajari materi dan bahan pembelajaran resmi ujian cpns silakan anda pelajari dan miliki Paket LKIT 2016.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

6 komentar:

  1. Rahasia Lulus CPNS adalah menguasai seluruh materi yang terdiri dari Materi Tes Wawasan Kebangsaan, Materi Tes Intelegensi Umum dan Tes Kepribadian - asncpns.com

    Pada kenyataannya kelulusan CPNS yang menentukan adalah TES WAWANCARA seperti yang terjadi di daerah kami.!!!
    dan tak tanggung-tanggung dari urutan/peringkat 13 bisa menggantikan peringkat 4.
    bahkan kami pun tak tahu hasil/nilai dari tes TKB kami, yang kami terima langsung pengumuman lulus tanpa ada nilai.

    Percuma ada tes CAT yang benar-benar transparan, bersih dan objektif kalau pada akhirnya WAWANCARAlah yang menentukan kelulusan!

    Semua BOHONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, betul itu saudara, saya juga korban TKB yang tidak transparan. Semoga tahun ini TKB bisa dihilangkan.... Meski kami tidak lulus, setidaknya kami juga tahu skor nilai kami, tapi apa boleh buat, Pemda tempat saya mendaftar tidak pernah memperlihatkan hasilnya...

      Hapus
    2. BETUL.. BETUL.. BEETUL..... CAT hanya sekedar pengalihan kecurangan hahaaaa :) TKB bentuk kecurangan yang nyata... percuma nilai CAT besar ATAU pringkat 1 CAT tp pas TKB tertipuuuuu.... nasib orng tertipu...

      Hapus
    3. hilangkan TKB krn berindikasi kecurangan, KKN dan money politik :) pringkat 1 CAT bisa kalah dengan pringkat 6 atau 9 CAT :) itu sebuah "kemajuan" buat negara ini hheheheee SALUT

      Hapus
  2. Pemda tmpt sya jg tidak transparan mngenai TKB

    BalasHapus
  3. Betul..betul...betul sy jg pernah ikut tes kementerian desa sbg fasilitator, nilai tesnyapun tdk disebutkan hasilnya. Sungguh terlalu..

    BalasHapus