Pemerintah harus Konsisten dengan Kebijakan Moratorium CPNS


By | 00.59 Leave a Comment
Konsisten Kebijakan Moratorium CPNS

asncpns.com-  Adanya penerimaan siswa atau taruna di tujuh lembaga pendidikan ikatan dinas (LPID), yang mana setelah mendapatkan ijazah kelulusan nanti akan langsung menjadi calon pegawai negeri sipil CPNS), mendapat kritikan di kalangan dewan perwakilan rakyat (DPR). Salah satunya anggota Komisi II DPR. Pasalnya, pemerintah tidak konsisten dengan kebijakan moratorium atau penghentian sementara penerimaaPNS baru dan malah membuka penerimaan siswa di tujuh LPID milik Kementerian dan Lembaga

Arteria Dahlan selaku anggota Komisi II DPR menyatakan bahwa penerimaan siswa di ikatan dinas tersebut saling bertolak belakang dengan kebijakan yang sedang berlaku, yaitu moratorium calon pegawai negeri sipil. "Seharusnya pemerintah konsisten dengan kebijakan moratorium, termasuk melalui pintu sekolah kedinasan. Lebih dari itu, pemerintah semestinya melakukan pengkajian terhadap kepegawaian yang ada saat ini, baik dari segi analisis jabatan maupun analisis beban kerja," ungkap politikus PDIP itu, hari Jumat (18/03/2016)

Arteria mengatakan bahwa, dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang saling bertolak belakang. Jelasnya, Arteria juga mengaku tidak paham dengan kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Sementara, Bambang Riyanto selaku anggota Komisi II DPR lainnya memaparkan bahwa sistem kepegawaian yang baik dan benar seharusnya dibangun secara fokus oleh MenPAN-RB. Sehingga, jelasnya, permasalahan kepegawaian dinilai belum bisa diatasi dengan baik. “Belum ada sistem yang memastikan kondisi kepegawaian dari daerah maupun pusat. Selama ini belum pernah. Cara perekrutannya belum teratur,” kata Bambang.

Seperti dalam artikel sebelumnya, pemerintah membuka penerimaan siswa ikatan dinas di tujuh LPID yaitu Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Perhubungan (STTD), Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP), Badan Pusat Statistik (STIS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) dan Lembaga Sandi Negara (STSN). Penerimaan ini dilakukan baru pertama kalinya dengan cara online, terintegrasi dan serentak di seluruh wilayah. Juga tesnya mengunakan sistem computer assisted test (CAT).

Segera pelajari dan miliki Paket LKIT, bagi anda yang akan mengikuti tes seleksi baik untuk penerimaan di sekolah ikatan maupun untuk penerimaan CPNS, tuk membantu anda dalam penguasaan materi tes kompetensi dasar (TKD) CPNS.

Adapun untuk materi tes kompetensi bidang (TKB), bisa anda cek disini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: