Pemkab Gunungkidul Butuhkan 2.500 PNS Baru


By | 20.04 Leave a Comment
PNS Gunungkidul

asncpns.comMoratorium calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau penghentian sementara yang terjadi selama era Pemerintahan Jokowi (2014-2019) ini, membuat masing-masing daerah kekurangan PNS. Seperti yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memastikan sampai tahun 2020 akan kekurangan sekitar 2.500 Pegawai Negeri Sipil.

Sigit Purwanto selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul menyampaikan bahwa pihaknya melarang PNS untuk mutasi ke luar daerah sebagai upaya sementara mengatasi kekurangan pegawai negeri di daerahnya. "Kalau sampai moratorium lagi, dan tidak mengadakan perekrutan CPNS, kekurangan pegawai diprediksi lebih dari 2000-an orang," terang Sigit, seperti dikutip dari Republikanews, hari Selasa (15/03/2016).

Sigit menambahkan bahwa PNS yang pensiun di Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2015 sebanyak 156 orang, tahun 2016 sebanyak 257 orang. Sehingga, rata-rata PNS yang pensiun di daerahnya sebanyak 200 orang. "Belum lagi PNS yang pensiun dini, meninggal dunia memang lebih kecil dibandingkan sebelum ada perpanjangan masa pensiun," ungkapnya.

Sigit berharap, kekurangan PNS di Gunungkidul yang didominasi oleh tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan bisa diatasi sementara, dengan mengusulkan penerimaan CPNS tahun 2016 ini sebanyak 500 orang ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). "Semoga dipenuhi karena kebutuhan sudah mendesak, sebagian besar guru SD dan tenaga kesehatan," katanya.

Dirinya mengatakan bahwa mengatasi kekurangan PNS selain dari pengusulan CPNS, pihaknya juga memberi kesempatan kepada PNS yang berasal dari luar daerah untuk masuk ke Gunungkidul dan dengan penertiban kepada PNS yang akan melakukan pindah atau mutasi keluar daerah.

Bagi anda yang akan mengikuti tes seleksi CPNS di formasi tenaga pendidik, alangkah baiknya persiapkan diri anda sematang mungkin dengan belajar sungguh-sungguh tuk menguasai materi CPNS, yang bisa dirujuk menggunakan Paket LKIT.

Berikut ini contoh soal bidang keguruan yang ada di dalam Paket TKB Keguruan:
1. Bapak Kirmanto adalah seorang guru Matematika yang sangat faham terhadap apa yang akan dia ajarkan terhadap siswa didiknya dalam bidang studi pelajarannya, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan….
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Professional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
Informasi selengkapnya mengenai Paket TKB Keguruan bisa anda akses di link ini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: