Program Intensif KemenPAN untuk PNS


By | 03.46 Leave a Comment
Program Studi Banding untuk ASN

asncpns.com - 18 orang pegawai negeri sipil (PNS) dari Provinsi Papua Barat telah berkumpul di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (KemenPAN-RB) untuk memulai magangnya. PNS magang tersebut nantinya akan dibimbing disetiap Kedeputian di Kementerian PANRB.

Menurut Yuddy, Menteri PANRB menyatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya mulai awal tahun ini membuka program intensif yang diperuntukkan bagi pemerintah-pemerintah daerah demi meningkatkan edukasi mengenai pemahaman tata kelola pemerintahan yang baik, contohnya seperti program studi banding. "Hari ini dari Papua Barat, provinsi yang paling jauh," kata Yuddy dalam sambutannya saat menerima para ASN magang dari Provinsi Papua Barat di Jakarta, hari Senin (03/2016). Seperti dilansir dari website Kemenpan.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya telah memberlakukan sistem jemput bola mengundang para pejabat daerah untuk studi banding supaya daerahnya tersebut bisa memiliki capacity building yang baik dan kebetulan untuk tahun ini (2016) diperuntukkan Papua dan daerah lainnya di Indonesia timur.

Program magang ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Menteri PANRB pada tahun 2015 lalu di Provinsi Papua Barat. Pada tahun lalu nilai laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) Provinsi Papua Barat jauh di bawah rata-rata, nilai LAKIP-nya tidak setinggi wilayah-wilayah lain.

Oleh karena itu, KemenPAN-RB memiliki kewajiban untuk memberikan pemahaman supaya mereka bisa meningkatnya kinerjanya dengan memberikan kesempatan untuk para PNS di Papua untuk magang secara intensif."Kalau nanti tidak ada daerah yang mengambil inisiatif, kita akan undang dan tawarkan. Kalau program ini memiliki manfaat yang besar dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintahan setempat pasti banyak juga yang akan belajar, ini kan sesuatu yang langka," tambah Yuddy.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: