Anies: Orang Berbondong Bondong Jadi Guru


By | 05.29 Leave a Comment
Berbondong Bondong Menjadi Guru

asncpns.com - Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan kualitas guru atau pengajar di Indonesia masih menjadi salah satu permasalahan yang serius dalam dunia pendidikan kita. Menurutnya jumlah minat masyarakat lebih meningkat karena gaji guru PNS lebih besar dari PNS lain. "Sekarang orang berbondong-bondong jadi guru karena gajinya lebih tinggi dibanding PNS lain," kata Anies dalam wawancara khusus dengan Tempo, di ruang kerjanya, Selasa pekan lalu.

Menurutnya kualitas guru harus ditingkatkan baik itu tenaga pengajar yang sudah menjadi guru maupun calon guru dan standar penerimaan pun harus tinggi. Pihaknya juga sedang menata dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk para guru karena tidak semua kinerja guru baik walaupun memiliki kualitas yang baik.

Untuk guru yang memiliki kompetensi rendah, bisa ditingkatkan kompetensinya dengan mengikuti pelatihan yang telah disediakan berdasarkan kebutuhannya. Namun belum tentu nilai uji kompetensi gurunya (UKG) tinggi menunjukan bahwa guru tersebut bagus, namun jangan terburu-buru menilai guru yang UKG-nya rendah berarti jelek, kita harus objektif menilainya.

Tujuan uji kompetensi ini adalah untuk memotret, lalu dikembangkan, ungkapnya. Rapor yang diterima bukan nilai guru tersebut tapi nilai yang harus dikembangkan oleh para guru. Untuk pertama kalinya semua guru di Indonesia mengikuti UKG dengan jumlah mencapai 2,6 juta peserta. Namun hasilnya masih kurang memuaskan. Standar guru yang baik adalah 70 namun rata-rata nilai adalah 53.

Jumlah guru pada tahun 1999 berjumlah sebanyak 1,4 juta.  Dan pada tahun 2014 bertambah sebanyak 23 persen menjadi 1,7 juta sedangkan guru honorer dari 80 ribu menjadi 820 ribu. Jika dilihat secara kasat mata, jumlah honorer bertambah sangat signifikan. Dari sinilah awal permasalahan honorer yang hingga kini belum terselesaikan, mereka yang mengangkat jadi guru honorer tidak punya otoritas untuk mengangkat jadi PNS yang merupakan wewenang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Guru honorer ini bisa diselesaikan jika mau ditempatkan di garis depan daerah-daerah perbatasan, namun para guru honorer ini malah minta diangkat di daerah tertentu dan sekolah tertentu.

Anies menyinggung bentuk pertanggungjawaban mereka yang bisa mengangkat honorer namun tidak punya kuasa untuk menjadikan mereka honorer. "Sekarang yang perlu dipertanyakan adalah apa pertanggungjawaban mereka yang mengangkat sebagai honorer." paparnya.

Bagi anda yang akan mengikuti tes seleksi CPNS 2016 di formasi tenaga pendidik, alangkah baiknya persiapkan diri anda sematang mungkin dengan belajar sungguh-sungguh tuk menguasai materi CPNS. Sebagai informasi bahan pembelajaran terbaik, Kami rekomendasikan anda mempelajari dan miliki Paket LKIT yang telah meloloskan 3000 CPNS murni.

Berikut ini contoh soal bidang keguruan yang ada di dalam Paket TKB Keguruan:
1. Bapak Kirmanto adalah seorang guru Matematika yang sangat faham terhadap apa yang akan dia ajarkan terhadap siswa didiknya dalam bidang studi pelajarannya, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan….
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Professional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
Informasi selengkapnya mengenai Paket TKB Keguruan bisa anda akses di link ini



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: