Pemerintah akan Rekrut 3.500 Guru Garis Depan dan Diangkat jadi PNS


By | 00.07 1 comment
Penerimaan Guru Garis Depan 2016

asncpns.com- Kabar gembira bagi anda yang ingin menjadi pengajar di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Saat ini, pemerintah kembali menggelar program Guru Garis Depan yang rencananya akan langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Seperti yang diketahui, dalam rangka memeratakan pelayanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia terutama dalam hal pendistribusian tenaga pendidik atau guru. Program Guru Garis Depan (GGD) adalah salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) serta pemerintah daerah.

Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan bahwa pemerintah akan merekrut 3.500 guru dalam program Guru Garis Depan yang akan mengajar di sejumlah daerah terpencil di Indonesia pada tahun 2016 ini. "Mereka jadi guru di tempat-tempat yang no body wants to be there," kata Anies, seperti dikutip dari detiknews, hari Kamis (11/2/2016).

Anies menambahkan,  tak semua sarjana mau mengajar di daerah terpelosok dan terpencil. Tambahnya, menjadi guru di daerah terpencil disadari pemerintah memang bukan hal yang mudah. Dengan begitu, lanjutnya, bagi guru yang mau mengajar di daerah terpencil akan diberikan insentif lumayan dari pemerintah. "Guru-guru (GDN) tidak diberi rumah dinas, supaya tidak homeless saat selesai dinas, tapi dapat rumah permanen," kata Anies.

Dijelaskannya, pihaknya dengan pihak Bank BNI sudah mendiskusikan pemberian insentif tersebut kepada para Guru Garis Depan (GDN). Dikatakannya, akan mendapatkan kemudahan kredit rumah dengan luas tanah sekitar 2.000-an meter persegi bagi guru yang mau ditempatkan di daerah terpencil. "(Guru) diberi fasilitas kredit rumah dengan semua kemudahan kreditnya, dengan tanah yang luasan sekitar 2.000-an meter persegi," ujar Anies.

Bagi anda yang ingin melihat contoh soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2016, bisa dilihat disini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Selamat pagi...
    Maaf sebelumnya...
    Ini di khususkan hanya untuk guru dengan Basic S.Pd atau bisa Guru basic non S.Pd...
    Mohon jawabannya...trima kasih

    BalasHapus