Pertanda Akan Segera Dibukanya Tes Seleksi CPNS?


By | 23.44 Leave a Comment
asncpns.com - Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB menyatakan bahwa Kemenpan akan menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) offline pada gelaran Unpad Job Fair  yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran di Bale Santika, Kampus Jatinangor.

Simulasi CAT ini akan dilakukan pada hari sabtu dan minggu tanggal 16-17 April 2016. Tujuan diselenggarakannya simulasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada publik sistem yang telah digunakan pada tahun 2014, karena meskipun pemerintah menerapkan kebijakan moratorium penerimaan CPNS, namun untuk guru, tenaga kesehatan serta ikatan dinas tetap dibuka.

Dengan digelarnya simulasi CAT, mahasiswa unpad maupun masyarakat yang ada di daerah bandung dan sekitarnya baik yang akan mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas maupun yang akan mengikuti seleksi CPNS nantinya, bisa mencoba simulasi tersebut. TKD dengan CAT merupakan ssistem tes dengan bantuan komputer, yang menjamin transparansi, dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun.

“Dalam waktu dekat akan dilaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) untuk calon mahasiswa sekolah ikatan dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka sejak bulan Maret lalu,” ungkap Herman di kantornya, Rabu (13/04).

Sedangkan untuk masyarakat lainya yang tidak bisa mengikuti CAT secara offline di Unpad akhir pekan nanti, bisa mengikuti simulasi online di website www.menpan.go.id sejak pekan lalu. Sedangkan untuk tata caranya adalah cukup dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan biodata diri lainnya.

Peserta diberikan waktu 15 menit untuk menyelesaikan 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap peserta mendapat soal yang berbeda, meskipun duduknya bersebelahan. Setelah selesai mengerjakan soal, peserta tes dapat langsung mengetahui hasilnya.

Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah tes ikatan dinas dilakukan secara terpadu, dan calon praja ini diwajibkan ikut tes seleksi tes kompetensi dasar dengan sistem CAT seperti halnya CPNS. “Hanya peserta yang lulus TKD yang akan diterima. Tetapi mereka tidak serta merta diangkat menjadi CPNS. Baru setelah lulus, mereka diangkat menjadi CPNS,” imbuh Herman.

Diharapkan dengan telah diberlakukannya sistem ini, para praja yang terjaring memenuhi standar kompetensi. “Dengan demikian yang tes hanya peserta yang benar-benar siap, dan putra-putri terbaik bangsa. Tidak ada titip-titipan,” tutup Herman.

Apakah dengan dibuka kembali simulasi CAT online dan digelarnya simulasi CAT offline ini merupakan pertanda akan segera dibukanya tes seleksi CPNS? Kita tunggu saja berita resminya.

Bagi kamu yang memang tidak sempat datang ke Unpad untuk mengikuti simulasi CAT, silakan download simulasi CAT BKN resmi secara offline di bagian ini, sedangkan untuk bentuk soal soal CAT CPNS terbaru silakan pelajari Paket LKIT.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: